Harlah ke-50 Ponpes Darussalam, Bentuk Badan Wakaf dan Kembalikan Kejayaan Pesantren

  • Bagikan
Pondok Pesantren Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan/Foto: Ist

LAMPUNG SELATAN, WAKTUINDONESIA – Tak banyak yang tahu keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan saat ini, padahal Pondok Pesantren tersebut merupakan Pondok Pesantren terbesar di Sumatera kala itu.

Sebagai upaya mengembalikan kejayaan pondok pesantren yang didirikan almarhum Ali Raja Marga itu, segera menggelar Hari Lahir (Hari Lahir) yang ke 50 Tahun pada 7-10 Februari 2024 mendatang.

Ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren Darussalam Sekaligus Dewan Penasehat Kegiatan Harlah ke 50 Pondok Pesantren Darussalam, Zahral Mutzaini, mengatakan bila kegiatan ini sebagai upaya membangun kembali kejayaan pondok pesantren Darussalam dengan momen peringatan Harlah pondok pesantren Darussalam ke 50.

Menurutnya, sebagai alumni maupun yang pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren Darussalam harus berkontribusi dalam kegiatan ini. Karena kegiatan ini jarang terjadi, terlebih pondok pesantren Darussalam yang berdiri pada 7 Februari 1974 ini telah melahirkan orang-orang hebat di berbagai bidang dan berkontribusi banyak bagi pembangunan di Indonesia.

Para alumni maupun yang pernah belajar di Pondok Pesantren Darussalam tak hanya di Provinsi Lampung namun tersebar di seluruh Indonesia.

“Target besar Harlah ke 50 Pondok Pesantren Darussalam adalah mengumpulkan kembali semua yang pernah sekolah disini, karena sekarang ini tidak terkoordinasi secara maksimal,” ujar Zahral saat rapat pemantapan Harlah ke 50 Ponpes Darussalam, Sabtu 20 Januari 2024.

Dirinya berharap dengan kehadiran para santriwan-santriwati dari tahun 1974 hingga lulusan Tahun 2023 kemarin berkontribusi dalam segala hal, setidaknya kontribusi pemikiran terhadap pondok pesantren Darussalam.

“Ya kedatangannya saat Harlah bisa memberikan kontribusi dalam hal apapun, setidaknya nanti akan lahir pemikiran bagaimana mengembalikan kejayaan Darussalam, paling tidak mereka berdoalah supaya pondok ini kembali jaya,” tambahnya.

BACA JUGA:  Untuk ASN - Masyarakat: Ada Program D1 Pemkab Pringsewu - STPN Yogyakarta

Dirinya juga menambahkan bila saat Harlah ke 50 Ponpes Darussalam selain beberapa agenda kegiatan nantinya akan ada launching Badan Wakaf dan Koordinasi Alumni Ponpes Darussalam.

“Ya selain agenda Silaturahmi Nasional, Istighosah Kebangsaan, Sunatan Massal dan sejumlah agenda lainnya. Akan ada Launching Badan Wakaf dan Koordinasi Alumni Ponpes Darussalam saat Silatnas nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panita Pelaksana kegiatan Harlah ke 50 Ponpes Darussalam, As’ad Muzammil, menyampaikan bila pelaksanaan Harlah ke 50 Ponpes Darussalam akan digelar selama empat hari yakni dari tanggal 7 Februari hingga 10 Februari 2024.

Ia juga menyampaikan bila saat ini kesiapan pelaksanaan sudah mencapai 70 persen, tinggal penggalangan dana dari para Alumni dan sponsorship yang masih dilakukan.

Ini dikarenakan anggaran penyelenggaraan kegiatan selama empat hari menyedot anggaran besar, terlebih akan menghadirkan Habib Umar Bin Muhdhor al Hadad dalam Istighosah Kebangsaan, kegiatan sosial sunatan massal dan rangkaian perlombaan.

“Kebutuhan anggaran kegiatan dari donasi alumni baru mencapai 30 persen dari estimasi anggaran yang dibutuhkan, mudah-mudahan hingga awal Februari dapat tercukupi semuanya, saat ini masih dalam tahap penggalangan,” jelas As’ad.

Sementara, Ustadz Sabki Ali selaku pengurus Pondok Pesantren Darussalam berharap pelaksanaan Harlah ke 50 Ponpes Darussalam tahun 2024 ini dapat terlaksana dengan sukses.

Ia menaruh harapan besar kepada para alumni dan keluarga besar ponpes Darussalam untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan Harlah Emas ini.

Tak lupa dirinya menyampai ucapan terima kasih atas dukungan alumni dan keluarga besar Ponpes Darussalam dalam mendukung kegiatan Harlah ke 50 Ponpes Darussalam.

“Alhamdulillah atas dukungan semua pihak, khususnya IKPPD yang sudah turut mensukseskan kegiatan Harlah ke 50 Pondok Pesantren Darussalam, “ pungkas Ustadz Subki Ali.

BACA JUGA:  Dinas PPO Manggarai Timur Gelar Diklat Calon Pengawas Sekolah, Diikuti 16 Peserta

(WII)

  • Bagikan