Bantuan BLT DD Periode Kedua di Mesuji Berlanjut, Nilai Bantuan Berkurang

  • Bagikan

SIMPANGPEMATANG, WII – Para penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, akan kembali mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan program yang sama. Bedanya, jika sebelumnya para penerima mendapatkan bantuan sebesar 600 ribu rupiah, kini penerima BLT hanya akan mendapatkan bantuan sebesar 300 ribu rupiah.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji Sunardi Sukau, yang ditemui ketika mendampingi Bupati Mesuji Saply pada saat acara pembagian BLT di balai Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Rabu (24/06).

Menurutnya, jangka waktu pemberian BLT diperpanjang hingga tiga bulan ke depan. Dari sebelumnya hanya dibagikan pada periode April sampai dengan Juni, kemudian diperpanjang hingga Juli sampai dengan September.

Penyaluran dana BLT Dana Desa di Kabupaten Mesuji, akan diperpanjang tiga bulan lagi, yaitu di Bulan Juli, Agustus dan September (2020-red). Namun, dana ini akan dipangkas dari 600 ribu rupiah menjadi 300 ribu rupiah,” kata dia.

Sunardi menyebutkan kebijakan untuk memperpanjang masa pemberian BLT DD tersebut melihat perkembangan penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mesuji.

“Dampak ekonominya sangat terasa hingga ke masyarakat pedesaan. Sehingga dibutuhkan dana stimulus agar perekonomian warga bisa bangkit lagi,” ungkapnya.

Masih kata sunardi, dana BLT akan dibagikan dengan dua cara. Yakni diberikan secara tunai atau cash serta transfer melalui rekening bank.

Untuk diketahui, bantuan BLT DD yang disalurkan di balai Desa Simpang Pematang siang ini secara total diberikan kepada 589 kepala keluarga dari total sembilan desa di Kecamatan Simpang Pematang, dengan total penyaluran dana sebesar Rp 1,413 miliar. (Fan/WII)

BACA JUGA:  Sejumlah Spot Jalur Liwa-Muara Dua bak TPAS
  • Bagikan