Bantuan BMKG: Pesibar Punya Alat Deteksi Gempa, Bisa Update Loh, Caranya?

  • Bagikan

KRUI, WII -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, menerima bantuan alat monitor gempa bumi diseluruh wilayah Indonesia dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Syaifullah, Rabu (24/6), mengatakan bahwa Pesibar merupakan wilayah yang dilalui patahan gempa. Artinya, di sepanjang wilayah Pesibar sangat rawan untuk terjadinya bencana alam gempa bumi.

“Alat dimaksud untuk mempermudah kita memantau terhadap potensi dan titik koordinat terjadinya gempa bumi,” ucap Syaifullah.

Dijelaskannya, bantuan tersebut merupakan buah koordinasi yang terjalin baik dan usulan yang gencar dilakukan oleh Bupati, Agus Istiqlal.

Menurutnya, alat tersebut bisa langsung memberikan informasi ke masyarakat terkait gempa bumi yang terjadi diwilayah Indonesia, syaratnya hanya menyerahkan nomor telepon dan nama ke BPBD Pesibar.

“Kita telah menyiapkan call center di nomor 082282994559, melalui nomor itu masyaraat yang ingin mendapatkan update gempa bumi bisa mendaftarkan diri, nanti kan ada informasi yang masuk mealui SMS namun hanya untuk gempa bumi dengan kekuatan 5.0 Sekala Richter atau yang berpotensi tsunami,” ujarnya.

Pihaknya berharap masyaraat dapat memanfaatkan sumber informasi itu, dengan mendaftarkan diri baik langsung ke BPBD Pesibar atau melalui nomor call center itu. “ Kita harap semua masyaraat dapat mendaftarkan diri, dengan begitu bisa dengan cepat mendapatkan informasi yang berkaitan dengan gempa bumi,” pungkasnya. (noe/wii)

BACA JUGA:  Kembali, Polisi Ringkus Pemuda Kecamatan Gedongtatan Bawa Narkoba
  • Bagikan