SMAN 2 Liwa Laksanakan KBM Secara Jejaring

  • Bagikan

LIWA,WI – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengawali kegiatan belajar mengajar (KBM) di tahun ajaran baru dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dalam jejaring (online) selama tiga hari kedepan. 

Kepala Sekolah (Kapsek) Budi Wuryawan, Senin (13/07/20) mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan MPLS dengan metode online melalui kanal Youtube sekolah. Dimana, kegiatan dijadwalkan dari tanggal 13-15 juli 2020.

Budi mengatakan, meski melalui jejaring tidak menyurutkan semangat belajar mengajar disekolah. Sebab, panitia telah menyiapkan kurang lebih 12 materi yang akan ditayangkan dikanal youtube sekolah.

Materi-materi yang akan ditanyangkan antaranya, pengenalan visi, misi dan program unggulan sekolah setempat. Serta, pola hidup sehat di tengah pandemi dan protokol kesehatan pencegahan covid-19 di lingkungan sekolah.

Selanjutnya, terkait kurikulum sekolah, cara belajar efektif dan metode pembelajaran, pengenalan tata tertib sekolah, pengenalan pendidik dan tenaga pependidikan, wawasan wiyata mandala, gerakan literasi sekolah, kepramukaan, bahaya Narkoba dan pergaulan bebas bagi generasi muda, penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, pengenalan situs megalitikum Batu Brak serta pengenalan kopi robusta Lampung Barat.

“MPLS kita laksanakan secara daring. Seluruh peserta didik baru bergabung ke grup WhatsApp kelompok yang sebelumnya telah kita informasikan melalui website sekolah. Kemudian setiap kelompok akan didampingi oleh guru pendamping. Semua teknis kegiatan dibagikan melalui grup tersebut,” kata Budi.

Budi menjelaskan, pelaksanaan MPLS disekolahnya mengacu pada Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru, SE Mendikbud No. 04 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) dan standar operasional prosedur (SOP) dalam pelaksanaan pembelajaran kenormalan baru pada satuan pendidikan terkait masa pandemi covid-19 di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Lambar Zona Orange, Bagaimana KBM Tatap Muka 2 November? Ini Kata Maidar

Meski melalui daring, Budi berharap kepada seluruh siswa didik baru dapat mengikuti dengan aktif dan penuh semangat dalam menjalankan MPLS. (Wii)

9 viewers
  • Bagikan