169 Warga Tapaksiring Sukau Terima BLT DD Tahap 2, Peratin Yantoni Bagikan Masker

  • Bagikan

SUKAU, WAKTUINDONESIA – 169 warga Pekon Tapaksiring Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap dua, Mei 2020, Kamis (18/6).

Bantuan dampak ekonomi lantaran pandemi korona itu diserahkan secara simbolis oleh Peratin Yantoni didamping sejumlah aparat pekon, LHP, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di balai pekon setempat pukul 09.00 WIB.

Selain itu, Peratin Yantoni juga menyerahkan 50 lusin, setara 600 lembar, masker dari pemkab yang ditukangi Bupati Parosil Mabsus dan Wabup Mad Hasnurin tersebut.

Menurut Peratin Yantoni, totalĀ nilai BLT DD yang disalukan Rp101,4 juta. SetiapĀ keluarga penerima manfaan (KPM) menerima Rp600 ribu.

Dikatakan, jumlah bantuan dampak krisis kesehatan global awalnya tercatat 175 kepala keluarga (KK).

Namun, enam diantaranya mudur lantaran telah menerima bantuan sosial lain. Rinciannya, lima KK tercatat sebagai penerima bantun sosial tunai (BST) Kemensos dan satu KK penerima manfaat Bantuan Pangan non-Tunai (BPNT).

“BLT ini diperuntukkan bagi warga yang ekonominya terdampak wabah corona. Namun, mereka tidak menerima bantuan sosial lain, seperti PKH, BST, BPNT dan lainnya. Jadi gak bisa kalau setiap bantuan harus didapat oleh satu keluarga yang nenerima bantuan sosial lain,” ujar Yantoni saat memberikn pengarahan kepada warganya sebelum penyerahan BLT tersebut.

Ia juga menjelaskan, BLT diserahkan secara simbolis guna menghindari kerumunan warga.

“Kemuadian nanti KPM yang lain bakal menerima di pemangku masing-masing,” ujarnya.

Pihaknya berharap, bantuan yang diterima diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pokok KPM.

“Bantuan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok penerima di tengah wabah corona. Itu yang utama,” tambahnya.

Ia juga mengimbau warganya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Rajin cuci tangan, jaga jarak dan gunakan masker. Jangan keluar rumah jika tidak perlu, namun ketika akan ke rumah ibadah atau ke pasar jangan lupa pakai masker. Kalau belum punya masker minta ke pemangkunya. Pemkab Lambar telah memberi bantuan masker. Pekon juga telah memberi batuan masker. Tolong jaga kesehatan. Memutus rantai pnyebaran corona berawal dari diri kita sendiri,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Diskominfo Mesuji Kini Miliki Siaran Radio yang Dapat Diakses Melalui Website, Aplikasi Berbasis Android dan IOS

 

(adv/WII)

  • Bagikan