H-3 Idul Adha, Dispertanak Pantau Hewan Qurban Dua Kecamatan

107

GEDONGTATAAN, WII – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pesawaran kembali melakukan pemantauan hewan kurban menjelang hari Raya Idul Adha.

Kali ini, pemantauan dilaksanakan di beberapa lapak tempat penjualan hewan kurban di Desa Kutoarjo Kecamatan Gedongtataan, dan juga di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Negeri Katon.

Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Pesawaran Dedi, mengatakan kegiatan pemantauan tersebut dilakukan secara rutin menjelang Hari Raya Idul Adha. Hal tersebut bertujuan agar menjamin kualitas dan juga keamanan dari daging kurban itu sendiri.

“Menjelang Idul Adha memang Dispertanak rutin mengecek lapak hewan ternak, tujuannya menjamin kualitas hewan dan juga daging kurban nantinya,” kata Dedi, Selasa (28/7).

Dedi menjelaskan, aktivitas pemeriksaan hewan kurban dilakukan sebelum dan juga sesudah hewan disembelih. Itu dilakukan guna menjamin agar daging kurban yang nantinya beredar dimasyarakat dapat benar-benar sesuai dengan kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) yang telah ditetapkan Dispertanak itu sendiri.

“Ada dua pemeriksaan yang kami lakukan, antara lain sebelum hewan dipotong, yang mana kami kami melihat fisik hewan ternak itu sebelum dipotong, kami lakukan pemberian vitamin. Dan jika hewan ternak itu sudah sesuai kualitasnya kama kami akan berikan kalung sebagai tanda bawah hewan itu sehat dan sudah memenuhi syarat untuk dijual sebagai hewan kurban,” jelas dia.

“Kemudian yang kedua, ada pemeriksaan setelah hewan itu disembelih, petugas akan melihat bagian dalam dari hewan kurban itu, seperti bagian dalam kepala, jeroan hingga karkas, untuk melihat mutu daging yang akan dikonsumsi,” tambah Dedi.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Kabupaten Pesawaran, untuk dapat tetap menerapkan sistem protokol kesehatan. Mengingat Idul Adha kali ini masih dalam Pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Siap-siap! Polisi Lambar Bakal Gelar Operasi Patuh Krakatau, tak Lengkap Ditindak, Simak Jadwalnya

(ded/snd/WII)

Facebook Comments