FPII Waykanan Duga PT MJM Rugikan KPM, Ini Kata Ketua Indra Jaya

168

WAYKANAN, WII – Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Koordinator wilayah (Korwil) Kabupaten Way Kanan, Lampung menduga PT Mubarokah Jaya Makmur (MJM) selaku suplayer atau pihak ketiga penyaluran dan pendistribusian Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) merugikan keluarga penerima manfaat (KPM) di kabupaten itu.

Ketua Korwil FPII Kabupaten Waykanan, Indra Jaya Saputra, Selasa (4/8/20), mensinyalir penyaluran BPNT yang diterima KPM diduga tidak sesuai dengan total uang yang masuk ke rekening KPM, yakni sebesar Rp200 ribu.

“Bila KPM yang ada di Kabupaten Waykanan mencapai lebih kurang 36.000 kepala keliarga (KK), maka masyarakat Way Kanan diperkirakan mengalami kerugian hampir mencapai milyaran rupiah dalam perbulannya,” sebut Indra Jaya.

Dugaan itu, lanjutnya, diperkuat dengan sembako yang di terima KPM satu tahun terakhir, seperti beras 10 kg, telur 1 kg / 16 btr, buah pir 1 kg, kentang 1 kg, dan kacang hijau 1/2 kg.

“Menurut sumber saat pembagian di kampung Negeri Baru dan Negeri Batin Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa (21/07/2020 ) lalu bahwa pengiriman sembako yang mereka terima masih dari PT MJM yang berkantor cabang di Kampung Setia Negara Kecamatan Baradatu Way Kanan,” katanya.

“Atas dugaan kerugian yang ditimbulkan dalam penyaluran bantuan BPNT ke masyarakat oleh PT MJM maka FPII Kabupaten Way Kanan akan mengawal proses penyaluran hingga ke tangan KPM guna mencegah kebocoran bantuan untuk masyarakat kurang mampu itu,” ujarnya.

Menurutnya bila penyaluran BPNT oleh PT MJM di bulan Agustus dan bulan berikutnya dipandang pihaknya merugikan masyarakat, maka FPII akan mengambil langkah yang dianggap perlu.

“Kita akan kawal pembagian BPNT kedepan, jika program ini kedepan masih dijadikan ajang untuk memperkaya diri oleh pihak tertentu, khususnya oleh suplayer dalam hal ini PT MJM maka kita akan lakukan kritikan lebih keras lagi. Sebagai salah satu organisasi, FPII kemungkinan akan melakukan aksi damai,” ungkap Indra Jaya.(roy/wii)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Bupati Dairi Buka Virtual Festival Kopi Sidikalang