Karier Politik Prabowo Subianto, Ketum Partai Gerindra 2020-2025, Maju Pilpres 2024?

  • Bagikan

JABAR, WIIPrabowo Subianto ditetap sebagai ketua umum (Ketum) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) periode 2020-2025 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

“Kekosongan partai hanya berlangsung dua menit dan pimpinan kita akan mengetuk palu berarti kita telah memiliki ketua umum dan ketua dewan pembina,” ujar pimpinan sidang, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani sembari mengetok palu.

Dalam KLB itu menggema, kader partai berkeinginan pensiunan jederal bintang tiga tersebut kembali mencalonkan diri pada pilres 2024.

Seperti diketahui, dalam ajang Pilpres, Prabowo yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses itu sudah tiga kali menjadi kontestan, namun semuanya belum berhasil ia menangkannya.

Lantas bagaimana kiprah prabowo di dunia politik tanah air?

Karier politik Prabowo Subianto dihimpun dari berbagai sumber:

Sosok Prabowo dalam dunia politik Indonesia sudah tidak asing lagi. Berawal ketika gagal mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar, anak dari Sumitro Djojohadikusumo itu lantas membentuk Partai Gerindra di tahun 2008 dan didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina hingga saat ini.

Karir politik mantan danjen Kopassus itu kian melejit saat mendampingi Calon Presiden pada Pilpres 2009, Megawati Soekarnoputri.

Pasangan yang dijuluki Mega-Pro itu kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.

Pilpres 2014, Prabowo kembali maju, kali ini sebagai calon presiden 2014-2019. Mantan menantu Presiden kedua RI, Soeharto tersebut menghadapi Jokowi.

Di Pilpres 2014, Prabowo berpasangan dengan Hatta Radjasa (Prabowo-Hatta) diusung Gerindra, Golkar, PKS, PPP, dan PAN.

Sedangkan Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla (Jokowi-JK), yang diusung PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, dan Partai Hanura.

Pilres 2014 saat itu dimenangkan Jokowi-JK.

BACA JUGA:  Rolling, Ini Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Mesuji Saply

Selanjutnya, Pilpres 2019, Prabowo kembali bertarung, lawannya sama Jokowi yang menggandeng Ma’ruf Amin.

Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, yang diusung Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Sementara itu Jokowi dengan Ma’ruf Amin diusung PDIP, PKB, Partai Golkar, PPP, Partai NasDem, Partai Hanura.

Lagi-lagi, kekalahan harus ditelan Prabowo. Jokowi-Ma’ruf menjadi pemenang, Presiden-Wakil Presiden Periode 2019-2024.

Setelah dilantik, Presiden Jokowi resmi mengumumkan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin untuk masa jabatan 2019-2024 di Kompleks Istana Presiden, Rabu (23/10) pagi.

Sebelumnya, Prabowo usai mendatangi Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10), didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo.

Itu kejutan, lantaran mantan Danjen Kopassus tersebut merupakan rival Jokowi dalam dua kali Pemilu Presiden (Pilpres) yaitu di 2014 dan 2019.

Lantas bagaimana di Pilpres 2024?

(esa)

  • Bagikan