HUT Aspeksindo Dihadiri Bupati Agus, Mentri Edy Prabowo Ungkap Program untuk Masyarakat Kepulauan dan Pesisir

  • Bagikan

KRUI, WII – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, menghadiri acara hari ulang tahun ke-3 Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Maritim Indonesia menyongsong new normal, di Ballroom Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (10/8).

Pada kesempatan tersebut dihadiri Menteri-KP, Edy Prabowo, Wakil Ketua MPR, Jazirul Pawait, dan Wakil Ketua DPD, Letjen TNI. (Purn) Marinir, Nono Sampono.

Diketahui sejak 10 Agustus 2017 lalu Aspeksindo terus berkomitmen berupaya mengawal kemajuan sektor maritim di Indonesia sebagaimana ruh maritim dengan bisa kembali jaya dan terutama tercapainya kesejahteraan masyarakat yang berada di kepulauan dan pesisir.

Ketua Aspeksindo, Abdul Gafur Mas’ud, menyampaikan ucapan selamat datang kepada para anggota Aspeksindo se-Indonesia.

Dirinya berharap di usianya tersebut Aspeksindo mampu membantu pemerintah membangun masyarakat di kepulauan dan di pesisir.

“Aspeksindo akan memperhatikan bukan hanya di bidang perekonomian namun dari segi kesehatan serta pendidikan. Aspeksindo juga akan mengali potensi daerah pesisir beserta peluang investasi yang dapat dioptimalkan dengan baik dari seluruh anggota Aspeksindo,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Dia juga meminta ada kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah dan harmonisasi untuk pengembangan daerah kepulauan dan pesisir dalam rangka mendukung visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia hal tersebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan.

Kegiata tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan mou antara Ketua Umum Aspeksindo dengan rektor UIN Jakarta Komarudin, diwakili, Toto Bintoro.

Pada kesempatan tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan, menyampaikan bahwa kehadiran dan partispasi para bupati dan walikota merupakan ujung tombak pemerintah pusat yang ada di daerah masing-masing.

Dalam momen itu juga, Edy Prabowo menyampaikan program pemerintah pusat dan meminta peta sektor budidaya di daerah masing-masing yang belum tertangani baik budidaya tambak udang, budidaya ikan air payau, sungai dan danau.

BACA JUGA:  Door to Door, Polisi Pringsewu Bagikan 80 Paket Sembako

“KKP menyiapkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit Badan Layanan Umum (BLU) yang dapat dipinjamkan dengan bunga yang rendah dengan syarat yang mudah untuk kegunaan membangun kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir. Serta program KKP juga menyiapkan dibidang SDM yaitu penyerapan pendidikan sebesar 75 persen untuk anak nelayan dengan biaya sekolah gratis kemudian di salurkan oleh pemerintah di KKP,” papar Edy.

“Selamat ulang tahun kepada Aspeksindo, mari kita bersama membangun daerah kepulauan dan pesisir menjadi andalan dan penyerapan lapangan pekerjaan dengan harapan peningkatan devisa negara,” pungkasnya.

(ers/WII)

  • Bagikan