Lagi, Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Selimuti 2 Kota di Karo, Radius Bahaya Capai 5Km

566

KARO, WII – Gunung Sinabung Sumatera Utara kembali beraktivitas. Hari ini saja, Jumat (14/8) terjadu beberapa kali erupsi.

Dua kota di Karo, Kabanjahe dan Berastagi diselimuti abu vulkanik.

Berdasarkan data Kegempaan ESDM, Badan Geologi, PVMBG, sore ini, Jumat (14/8), Gunung Sinabung erupsi beverapa kali.

Pada pukul 14:25 WIB, terjadi erupsi Gunung Sinabung dengan tinggi kolom abu vulkanik sekitar 1.500M di atas puncak atau sekitar 3.960M di atas permukaan laut (mdpl).

Kolom abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas sedang-tebal condong ke arah Timur dan Tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 68 mm dan durasi lebih kurang 3 menit 49 detik.

Selanjutnya pada pukul 14:55 WIB, erupsi Gunung Sinabung kembali terjadi, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 90 mm dan durasi sekitar 1 menit 2 detik.

Pengamat Gunung Api Sinabung di Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Armen Putra menyebutkan, potensi erupsi susulan masih bisa terjadi.

“Paling penting masyarakat tidak memasuki zona-zona berbahaya. Karena, potensi lahar guguran awan panas maupun luncuran awan panas, bisa kapan saja terjadi tanpa bisa diprediksi ” tegasnya.

Pantauan pukul 17.00 WIB gunung berapi itu kembali beraktivitas. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak PVMBG.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH bersama Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, juga menekankan agar masyarakat tidak memasuki radius berbahaya.

“Radius 3 Km untuk sektor Barat-Selatan, radius 5 Km untuk sektor Selatan-Timur, radius 4 Km untuk sektor Timur-Utara dan radius 3 Km untuk sektor Utara-Barat dari puncak Gunung Sinabung, harus betul-betul steril,” ujarnya.

BACA JUGA:  RSU Ragam Begawe Caram Sumbang Kasus Terbanyak Positif Corona di Mesuji

Ia menandaskan pihaknya sudah menyediakan obat tetes mata dan masker. di Pustu, Puskesmas dan Posko Kesehatan tetap standby 24 jam, demikian juga di Posko Penanganan Sinabung Jalan Kiras Bangun di Simpang Empat.

(rek/WII)

Facebook Comments