Pokdar Kamtibmas Dikukuhkan Langsung Kapolres Pesawaran

161

GEDONGTATAAN, WII – Kepengurusan Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas Kabupaten Pesawaran secara resmi dikukuhkan oleh Kapolres Pesawaran. Pengukuhan tersebut dihadiri langsung oleh Dirbinmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, dan juga Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Kamis (27/8).

Bertempat di Aula Polres Pesawaran, Kapolres Pesawaran AKBP. Vero Aria Radmantyo memimpin langsung prosesi pengukuhan kepengurusan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya Vero mengatakan, keberadaan Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat menjadi mitra kepolisian dalam menjaga situasi kondusif ditengah-tengah masyarakat.

“Pokdar mempunyai tugas untuk dapat menjaga ketertiban masyarakat, untuk itu mesti proaktif sehingga dapat menjadi problem solving dalam setiap permasalahan yang mungkin terjadi,” jelas dia.

Dirinya menginginkan, Pokdar Kamtibmas sebagai partner yang bisa menjembatani antara masyarakat dan juga pihak kepolisian dalam upaya menciptakan suasana kondusif.

“Kami berharap agar Pokdar dapat selalu menjembatani antara masyarakat dan juga pihak kepolisian, jadi ketika ada suatu permasalahan harapannya tidak selalu berakhir pada penegakan hukum. Upaya penegakan hukum itu upaya terakhir dari kepolisian, ketika memang tidak ada lagi jalan keluar diantara permasalahan yang terjadi dimasyarakat,” papar Vero.

Hal senada juga diungkapkan Dirbinmas Polda Lampung AKBP. Anang Triarsono, yang berharap agar Pokdar Kamtibmas dapat menjalankan tugas dan juga fungsinya sesuai dengan tujuan pembentukan organisasi tersebut.

“Pokdar memang dibentuk untuk membantu kepolisian mengamankan dan menciptakan situasi kondusif untuk masyarakat, nantinya memang akan ada semacam pelatihan yang diberikan kepada anggota pokdar dari Binmas, untuk pembekalan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin ditemukan dimasyarakat,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengungkapkan, Pokdar Kamtibmas terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Dengan begitu diharapkan, dapat memberi warna sendiri dalam proses penyelesaian konflik yang mungkin saja terjadi di Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  DPRD Pesawaran Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pertanggungjawaban APBD 2020

“Pokdar ini pengurus dan anggotanya beragam, ada anggota DPRD, ada tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan sampai dengan pimpinan organisasi,” kata Dendi.

“Untuk itu, saya yakin pendekatan pokdar ke masyarakat lebih erat. Jadi kalau ada suatu permasalahan bisa diselesaikan secara kekeluargaan, untuk apa kita masuk ke ranah hukum yang dapat membawa ke perpecahan,” timpal bupati.

Diketahui, dalam kepengurusan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran diketuai oleh salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran, Yakni Rifki Asofani, sedangkan sekretaris Hermilsyah, dan bendahara, diisi oleh Evi Susina. (Ded/Ngt/Wii)

Facebook Comments