Sensus Penduduk di Lambar Dimulai Hari Ini, BPS Terjunkan 234 Petugas

  • Bagikan

LIWA, WII – Hari ini (1/9) sensus penduduk dilakukan serentak secara nasional. Khususnya di Kabupaten Lampung Barat program perhitungan jumlah penduduk secara periodik tersebut telah resmi dimulai.

Kepala Seksi (Kasi) Statistik BPS Sosial Yopi Rispandie Androva mengatakan, sensus penduduk yang dilaksanakan 10 tahun sekali ini resmi dilaksanakan oleh petugas sensus yang tersebar di 15 kecamatan di Lampung Barat (Lambar) hari ini.

“Petugas sensus yang tersebar di seluruh kecamatan akan mendata kebutuhan sensus seperti biodata dan faktor pendukung lainnya,” ” ucapnya kepada Waktuindonesia.id, Selasa (1/9/2020).

Lanjut Yopi, sebanyak 234 petugas sensus telah ditugaskan untuk mendata dan mendukung kegiatan pada wilayah masing-masing.

“Dengan ditugaskannya 234 petugas sensus diharapkan mampu menyukseskan program statistik dengan tag line Indonesia Mencatat tersebut,” tambahnya.

Prihal kesiapan sensus, pihaknya beberapa hari yang lalu telah melakukan rafid kepada seluruh petugas sensus yang akan bertugas dalam rangka antisipasi penularan Covid-19 dengan hasil non reaktif.

Diakui, sensus penduduk kai ini terkendala anggaran, dimana anggaran penuh kegiatan yang seharusnya sebelum pandemi Covid-19 direaliasasikan sesuai program, kini dengan anggaran hasil recofusing harus tetap terlaksana.

“Sisi selain kendala anggaran, suasana pencatatan sensus pun tentu berubah, yang semula berdialog dan mencatat dengan penuh kekeluargaan, kini harus mengedepankan protokol kesehatan dan tidak dengan durasi yang lama seperti biasanya dikarenakan situasi Pandemi Covid-19,” pungkasnya.

(erw/WII)

BACA JUGA:  Keren, Napi Lapas Way Kanan Sukses Kelola Lahan Pertanian, Syarpani: Ciptakan Napi Terampil
  • Bagikan