Bupati Dendi Pantau Langsung Normalisasi Sungai Waylipang

85

WAYKHILAU, WII – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) melaksanakan normalisasi sungai Waylipang di Dusun Kelapa Dua, Desa Kota Jawa. Normalisasi itu dilakukan guna mengurangi dampak banjir yang kerap merendam daerah sekitar.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengunjungi langsung secara langsung pekerjaan normalisasi tersebut, Kamis (17/09).

“Sungai Waylipang semula dangkal dengan material sedimen, kita lakukan normalisasi dengan mengangkat sedimen tersebut. Kemudian, sungai juga kita luaskan tepi kanan kirinya agar air dapat mengalir dengan baik dan lancar, ” kata Bupati Dendi.

Bupati berpesan agar pemerintah Desa setempat jangan terpengaruh suasana politik menjelang Pilkada sehingga membuat kegaduhan di tengah masyarakat.

“Jangan terpengaruh dengan isu, kita semua bekerja buat masyarakat, sudah kita anggarkan, namun terbentur Covid-19, tapi tetap saja kita normalisasi, artinya jangan bawa-bawa masalah masyarakat ke politik, agar tidak gaduh,” tegasnya.

Menanggapinya, masyarakat setempat sangat berterima kasih atas normalisasi yang dilakukan karena dapat menghindari banjir pada saat musim penghujan.

“Air yang mengalir di Sungai Waylipang di Dusun Kelapa Dua ini berasal dari tumpahan Desa Kubu Batu dan Kota Jawa, lalu disini tidak lagi manampung karena sungainya dangkal. Sehingga kalau hujan turun, air menggenangi sawah hingga kepermukiman, ” kata Warno yang mengaku memiliki sawah disekitar sungai tersebut.

Ia menuturkan, penyodetan dan pengerukan pengambilan material sedimen pada Sungai Waylipang sangat membantu dalam mengurai jalannya air ketika musim hujan tiba.

“Mudah-mudahan setelah dinormalisasi, tidak ada lagi air banjir yang menggenang karena langsung mengalir kebawah. Terima kasih Pak Bupati Dendi, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan agar dapat melanjutkan pada periode mendatang, ” tutur dia.

BACA JUGA:  Syekh Kondang, Ali Jaber Ditusuk OTK Di Bandarlampung

Kunjungan kerja tersebut didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pesawaran Zaenal Fikri bersama jajarannya. Hadir juga beberapa kepala desa dan beberapa tokoh masyarakat serta para petani sekitar Sungai Waylipang. (Snd/WII)

Facebook Comments