Bupati Saply Serahkan 13 Motor Operasional Puskesmas Keliling dan Jelaskan Belasan Miliar untuk Program Kesehatan

120

MESUJI, WAKTUINDONESIA – Bupati Mesuji Saply menyerahkan secara simbolis 13 sepeda motor untuk operasional 13 puskesmas di tujuh kecamatan, Selasa (13/10).

Dalam pembagian perdana secara simbolis, dilakukan di Puskesmas Bukoposo dan Puskesmas Hadimulyo, Kecamatan Way Serdang, setelah itu dilanjutkan ke Puskesmas Simpang Pematang yang berada di Desa Wirabangun, Kecamatan Simpang Pematang, Puskesmas Adi Luhur, Brabasan, Tri Karya Mulya, Sidomulyo, Sungai Sidang, Margojadi, Wiralaga, Sumber Makmur, Panggung Jaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mesuji Saply menjelaskan, pentingnya pembangunan kesehatan berkaitan erat dengan pembangunan sektor lainnya, bahkan menjadi salah satu modal utama yang menentukan keberhasilan pelaksanaan pembangunan sektor lainnya. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015.

“Salah satu unsur peningkatan kesejahteraan masyarakat ditandai dengan peningkatan kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan langkah konkret untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk mendukung upaya tersebut, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Mesuji menyerahkan bantuan motor operasional Puskesmas keliling.

“Total ada 13 motor yang akan diserahkan ke seluruh puskesmas di Kabupaten Mesuji. Semoga dengan kendaraan ini dapat membantu tenaga kesehatan untuk menjalankan tugas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saya harap kendaraan ini dapat digunakan dan digunakan dengan sebaik-baiknya.”

“Pada kesempatan ini, dapat pula saya sampaikan beberapa program kegiatan di bidang kesehatan yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Mesuji, diantaranya pembangunan Puskesmas Wiralaga dan Panggung Jaya, serta rumah dinasnya, dan pembangunan gedung Public Safety Center (PSC) 119,” tuturnya.

Sedangkan, untuk sarana kesehatan, Pemerintah Kabupaten Mesuji pada tahun ini mengalokasikan pengadaan mobil Puskesmas keliling double gardan sebanyak delapan unit, dua unit mobil ambulans dua unit, satu unit mobil ambulans PSC, satu unit mobil Promkes, dan 13 unit motor puskesmas keliling yang kita serahkan hari ini, serta pengadaan alat kesehatan.

BACA JUGA:  100 Polwan Diterjunkan Amankan Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Cipta Kerja di Medan

“Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Mesuji juga mengalokasikan dana untuk membayar premi asuransi BPJS Kesehatan warga tidak mampu melalui APBD Kabupaten Mesuji sebanyak 34.004 jiwa dengan total anggaran Rp13,8 miliar lebih. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Mesuji juga mengalokasikan dana sebesar Rp235 untuk klaim jaminan persalinan. Dan, masih banyak program kegiatan lainnya yang kita jalankan pada tahun ini.
Mudah-mudahan dengan apa yang dijalankan Pemkab Mesuji ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan di bidang kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Mesuji,” ungkapnya. (fan)

Facebook Comments