Pemkab Pesawaran Petakan Cluster Yang Berpotensi Jadi Penyebaran Covid-19

151

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA– Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran menyampaikan telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah cluster yang menjadi potensi penyebaran Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana Harian (Plh) Satgas Covid-19 Kabupaten setempat, Kesuma Dewangsa, Rabu (4/11).

“Untuk saat ini ada tiga cluster yang menjadi salah satu potensi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran, yang pertama itu cluster dari perjalanan luar daerah, kemudian cluster wisata, dan yang terakhir cluster demo yang terjadi beberapa waktu lalu, sehingga menularkan juga keluarganya,” ungkap Kesuma, Rabu (4/11).

Kesuma juga mengatakan telah melakukan sejumlah langkah antisipasi, untuk menghindari penularan Covid-19.
“Untuk menghindari adanya penularan kami meminta kepada jajaran pegawai di lingkungan Pemkab Pesawaran untuk tidak melakukan perjalanan dinas keluar kota, dan khusus perkantoran kita juga masih menerapkan Work From Home (WFH),” katanya.

“Sedangkan untuk wisata, kita memang sudah buka kembali, tapi jika nanti ada penularan, tidak menutup kemungkinan akan kita tutup kembali tempat wisata, kalau untuk sekolah hingga saat ini belum kita buka untuk KBM tatap muka, tapi masih menggunakan sistem daring,” timpalnya.

Ia juga menambahkan, upaya sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk penerapan Protokol Kesehatan juga masih akan terus dilakukan.

“Operasi yustisi akan kita lanjutkan hingga bulan Desember 2020 mendatang, guna menekan angka penyebaran Covid-19, sehingga yang tadinya kita masuk zona orange bisa segera kembali ke zona hijau,” tambahnya.

Kesuma Dewangsa yang juga Sekdakab Pesawaran berharap, masyarakat dapat terus mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Memang trend penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran sudah meningkat sejak beberapa waktu lalu, makanya kita akan terus melakukan langkah antisipasi, tapi yang terpenting adalah masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah,” harapnya.

BACA JUGA:  Lagi, Polres Lambar Bagikan Tabungan Anak, Masker dan Vitamin C saat OZK 2020

Sementara itu, dari data yang dihimpun sampai dengan hari Rabu (4/11/2020) ada 12 kasus masyarakat Kabupaten Pesawaran yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan tersebar disejumlah Kecamatan diantaranya Kecamatan Gedongtataan 5 kasus, Teluk Pandan 6 Kasus, dan yang terakhir Kecamatan Way Ratai 1 kasus. (Rob/Apr/WII)

Facebook Comments