Meninggal, Pasien Covid-19 Asal Waykanan Ternyata Punya Riwayat Penyakit Ini

  • Bagikan

WAYKANAN, WAKTUINDONESIA – Satu pasien positif Covid-19 asal Way Kanan meninggal dunia, setelah menjalani perawatan dan isolasi di salah satu rumah sakit pemerintah.

Kabar tersebut dibenarkan Anang Risgiyanto, Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Way Kanan.

“Ya benar, Informasi kematian kasus terkonfirmasi covid-19 sebagaimana yg di rilis pemerintah Provinsi Lampung adalah benar. Pasien tersebut seorang perempuan, IS (23) dengan kode P33 warga Gunung Labuhan, Way Kanan,” kata Anang Sabtu (14/11/2020).

Menurut Anang, IS sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Abdul Muluk (RSAM) Bandar Lampung, 15 – 18 Oktober 2020. Hasil pemeriksaan dari diagnosa Anemia dan SLE dan dilakukan tindakan transfusi darah.

“Tanggal 26 Oktober kembali ke RSAM untuk kontrol ulang. Namun tidak bertemu dengan dokternya akhirnya pasien pulang lagi ke rumahnya,” terang Anang.

Kemudian, katanya, 2 November 2020, IS mendatangi Puskesmas Gunung Labuhan dengan keluhan badan lemas, nyeri sendi, acites, tidak mau makan dan tidak bisa tidur. Lalu diberikan infus dan pemberian oksigen.

“Kemudian dirujuk ke RS di Baradatu dan dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Lalu IS dirujuk ke RS ZAPA Rujukan Covid-19, dan dilakukan pengambilan RT PCR swab.
Tanggal 10-11-2020, hari Selasa, setelah dinyatakan positif covid 19, mendapatkan perawatan kesehatan di ruang isolasi Covid-19 RS ZAPA,” beber Anang.

Anang menjelaskan bahwa, IS mempunyai riwayat penyakit gagal ginjal kronis dan anemia dan selama menjalani perawatan, IS mengalami penurunan kondisi kesehatan yang tidak stabil.

“Tanggal 13-11-2020, hari Jumat, pada pukul 23.00 WIB, mendapatkan informasi dari RS ZAPA bahwa IS meninggal dunia,” jelasnya.

“Sehubungan almarhumah meninggal dalam keadaan Positif Covid-19. Maka tatalaksana selanjutnya pemakaman jenazah diberlakukan secara Protokol Covid-19. Dan saat ini Jenazah sudah dimakamkan di kampung halamannya disaksikan keluarga dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Pjs Chrisna Ungkap 2 Tugasnya Selama 71 Hari di Pesibar

Diketahui, saat ini di Kabupaten Way Kanan tercatat sudah ada 33 Orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Diantaranya, tiga meninggal dunia, 6 masih menjalani isolasi dan 24 sudah dinyatakan sembuh.
(roy/WII)

  • Bagikan