Paswaslu Teluk Betung Timur Gelar Bimtek Pengawasan TPS

186

BANDARLAMPUNG, WAKTUINDONESIA – Panwaslu Kecamatan Teluk Betung Timur kembali melakukan pemantapan kinerja pengawasan Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung tahun 2020.

Dalam agenda Bimbingan Teknis Pengawas TPS se- Kecamatan Teluk Betung Timur yang dilaksanakan pada Kamis, 3 Desember 2020 di Lapangan Futsal Perum Puri Perwata tersebut Ketua Panwaslu Kecamatan Teluk Betung Timur Anggarda Dwi Putra, S.H.I.

Angga meminta kepada Seluruh jajaran Pengawas khususnya PTPS di Kecamatan TBT untuk memastikan melakukan pengawasan optimal terutama mengenai potensi kerawanan pada Pilkada 2020 seperti Netralitas ASN, Politik Uang dan Berita Hoax serta Isu Sara.

Pengawas TPS wajib memperhatikan beberapa hal yg menjadi potensi pelanggaran dalam persipan dan pelaksanaan hari pemungutan suara.

Terutama Politik Uang dan Netralitas ASN” ujar Ketua Panwascam TBT Angga juga dalam kesempatan tersebut membedah secara singkat Buku Penanganan Pelanggaran yang ditulis oleh salah satu Pimpinan Bawaslu Kota Bandar Lampung Yahnu Wiguno Sanyoto, S.I.P., M.I.P. yang baru dirilis. Beberapa hal mengenai Pelanggaran Pidana dan Kode Etik dalam pemilihan menjadi bahan diskusi siang itu.

Angga sangat berharap PTPS di Kecamatan TBT dapat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pelaku Tindak pidana dalam pemilihan terutama Politik Uang dan Penyelenggara Pemilihan yang berpihak pada pasangan Calon.

“Saya mau di kecamatan TBT di Pilkada 2020 ini kita bisa melakukan OTT, baik itu pelanggaran Pidana yang dilakukan oleh Tim pemenangan atau bahkan oleh penyelenggara Pemilihan. Nanti sama-sama kita kawal sampai ke Gakkumdu dan DKPP,” tegas Angga.

Ia menambahkan bahwa ASN juga sebagai salah satu unsur yang menjadi fokus pantauannya. Angga tidak mau citra masyarakat Teluk Betung Timur menjadi buruk karena dianggap bisa dimanfaatkan oleh birokrasi yang bisa saja ikutan bermain pada Pilkada 2020 ini.

BACA JUGA:  Tokoh Muhammadiyah Pesawaran Sayangkan Perkara Akun Facebook Adil Lim

“Jadi bukan hanya politik transaksional berbentuk Uang yang harus kita tindak, tapi ASN yang tidak menjaga netralitasnya juga harus menjadi sorotan pada fokus pengawasan kita semua,” tambahnya

Diakhir materi yang disampaikan, Ketua Panwaslu Teluk Betung Timur juga ingin memastikan bahwa seluruh jajaran pengawas pemilihan di kecamatan Teluk Betung Timur untuk menjaga netralitas dan jangan sampai melakukan tindakan yang melanggar sumpah janjinya sebagai pengawas.

“Sekali lagi saya sampaikan bapak ibu pengawas TPS yang sudah diambil sumpahnya pada pelantikan harus menjaga netralitas dan Integritasnya sebagai bagian dari penyelenggara. Ingat, jangan main-main,” tutupnya. (Wildan/WII)

Facebook Comments