Geger! Penemuan Granat di Waykanan, Polisi: Masih Aktif

  • Bagikan

WAYKANAN, WAKTUINDONESIA – Warga Kampung Bratayudha Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan, Yuyun Adiyanto (33) menemukan benda diduga granat aktif di area pekebunannya, Jumat (4/12/2020).

Granat itu sekilas tampak jenis granat nanas. Yuyun lantas melapor ke Polres Waykanan.

Penemuan benda diduga granat itu dibenarkan Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung melalui Kabagops Polres Way Kanan, Kompol Suharjono, Sabtu (5/11/2020).

“Ia benar. Kejadian tersebut berawal dari petugas kepolisian menerima laporan dari masyarakat tentang seorang warga Bratayudha pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2020 sekitar pukul 14.00 WIB telah menemukan benda mencurigakan sebesar kepalan tangan menyerupai nanas berwarna cokelat,” ujar mantan kapolsek Belalau, Lampung Barat (Lambar) itu.

Menurutnya, Yuyun menemukan benda diguga bom yang digenggam dan dilempar itu saat tengah melakukan pembersihan dengan cara penyemprotan.

Yuyun lantas melaporkan ke pihak kepolisian.

Atas laporan tersebut, lanjutnya, dirinya bersama Kasatreskrim IPTU Des Herison Syafutra, Kasat Sabhara IPTU I Dewa Gede Anom memimpin anggotanya mendatangi lokasi.

“Di TKP kami mengecek kebenaran informasi dan sesuai laporan yang diterima bahwa benar di lokasi ditemukan diduga satu unit granat,” ujar Kompol Suharjono.

Petugas Unit Identifikasi Polres Way Kanan pun lansung mengambil langkah, mengamankan lokasi dengan garis polisi (Police line).

Peristiwa itu telah dilaporkan pula ke Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Polda Lampung. Benda itu pun dievakuasi, sabtu (5/12) sekitar pukul 09.30 WIB.

“Berdasarkan Tim Jihandak benda tersebut masih dalam kondisi aktif dan sudah dilakukan Disposal (peledakan) atau pemusnahan di bangunan tua di sekitar TKP, sampai saat ini situasi kondusif dan terkendali,” pungkas Kabagops Suharjono.

(roy/WII)

BACA JUGA:  PMI Gelar Diskusi Soal Urgensi Pilkada Serentak di Tengah Pandemi
  • Bagikan