Bupati Dairi Buka Virtual Festival Kopi Sidikalang

  • Bagikan

DAIRI, WAKTUINDONESIA – Bupati Dairi, Sumut, Eddy Keleng Ate Berutu membuka secara resmi penyelenggaraan festival Kopi Sidikalang ke-4 Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dairi di Balai Budaya Sidikalang, Jumat (11/12/2020).

Bupati Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, salah satu isu strategis prioritas pembangunan Kabupaten Dairi adalah mewujudkan agri unggul, yaitu dengan mengembangkan pengelolaan pertanian yang cerdas dan berbasis teknologi.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan Kembali kejayaan Kopi Sidikalang dan memberikan pemahaman, meningkatkan kemampuan dan membantu para pelaku IKM/ UKM untuk meningkatkan daya saing bagi para pelaku usaha di Kabupaten Dairi.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan inovasi, desain dan diversifikasi produk IKM yang ada di Kabupaten Dairi agar mampu bersaing pada pasar ekspor dan membantu para pelaku industri dan bahkan petani Kopi untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua BPD Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut, Saidul Alam mengatakan AEKI telah mengikuti festival Kopi Sidikalang 4 kali secara berturut-turut. Diakuinya, setiap tahun festival Kopi Sidikalang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Kami melihat bahwa Kopi Sidikalang akan Kembali jaya dan semakin baik setiap tahunnya dan kita percaya Kopi Sidikalang adalah Kopi Legenda Indonesia. Kami yakin kejayaan Kopi Sidikalang akan berkibar lagi dan hingga saat ini kami tetap bekerjasama dengan Dairi melalui karang taruna,” ujarnya.

Setelah Festival Kopi Sidikalang dibuka secara resmi, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Ketua PKK Kab. Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu melakukan kunjungan ke stand-stand IKM peserta Festival Kopi Sidikalang.

Festival Kopi Sidikalang yang ke -4 Tahun 2020 ini berlangsung dengan meriah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat pandemic covid-19 belum berakhir. Dan acara ini juga disiarkan secara langsung di Youtube dan Facebook, agar masyarakat Kabupaten Dairi khusunya dapat menyaksikan langsung tanpa harus hadir ke lokasi Festival Kopi Sidikalang.

BACA JUGA:  Program BPNT di Waykanan Dihembuskan Ajang Cari Untung, Penjelasan Pekerja Suplayer Menohok

Kegiatan Festival Kopi Sidikalang turut dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Sekda Dairi, Drs. Leonardus Sihotang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Dairi, Surung Charles Bancin, Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI), Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Exportir, mewakili BRI Sidikalang, MPIG Kopi Robusta, Maspigas, IKM/UKM, Komunitas Kopi. Lembaga Penelitian dan Pelaku usaha Kopi.

Untuk informasi, Penyelenggaraan Festival Kopi Sidikalang dirangkai dengan Kompetisi Kopi Green Bean Arabica dan Robusta, Lomba Cupping Fun, Manual Brewing V60, Contes Baristra, Virtual Review dan Webinar potensi Kopi Sidikalang. Para peserta berasal dari kalangan Petani (Kelompok Tani), Eksportir Kopi, IKM, Cofee Shop/Café, Komunitas Kopi, Lembaga Penelitian dan pelaku usaha Kopi.

(swd/WII)

  • Bagikan