Polres Way Kanan Gelar Latpra Ops Lilin Krakatau 2020

  • Bagikan

WAYKANAN, WAKTUINDONESIA
Polres Way Kanan menggelar Pelatihan pra-Operasi (Latpra Ops) Lilin Krakatau tahun 2020 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlangsung di Aula Adhi Pradana Polres Way Kanan, Kamis (17/12/2020).

Operasi kepolisian kewilayahan tingkat polres dan polsek dengan sandi Ops Lilin Krakatau 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 di seluruh Wilayah Hukum Polres Way Kanan.

Kegiatan dibuka oleh Kapolres Way Kanan, AKBP Binsar Manurung, didampingi Wakapolres Way Kanan Kompol Evinater Siallagan, dan Kabag Ops Kompol Suharjono yang dihadiri para kasat, kapolsek jajaran dan anggota yang terlibat dalam surat perintah operasi.

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung menyampaikan Kegiatan Latihan Pra Ops ini bertujuan untuk menyiapkan segala aspek yang dibutuhkan dalam pengamanan pada saat pelaksanaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Kabupaten Way Kanan.

Setiap satgas memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing pada saat Pelaksanaan kegiatan pengamanan.

Terkait perkembangan situasi penyebaran covid-19 agar pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga tidak menimbulkan klaster baru dan penularan khususnya terhadap anggota yang melaksanakan pengamanan.

Tak hanya itu, terkait pergantian tahun baru agar melaksanakan patroli skala besar bersama stake holder pada tempat keramaian sehingga tidak terjadi kerumunan.

Wakapolres Way Kanan Kompol Lagan menambahkan, kepada anggota yang terlibat operasi agar tingkatkan deteksi dini terkait kelompok jaringan teroris menggunakan aliran dana dari kotak amal sebab kotak amal murni kegiatan amal bukan untuk distribusi teroris.

Ditambahkannya, pengamanan gereja untuk ibadah natal, pengamanan arus mudik dan arus balik yang berhubungan dengan libur panjang harus ditingkatkan, guna mencegah adanya pungli dijalan lintas bahkan tindak pidana C3 (curas,curat dan curanmor) khususnya malam hari.

BACA JUGA:  Dari Rektor USU, Komisi A DPRD Karo Serahkan Bantuan 300 Alat Rapid Test untuk Pemkab

Sementara itu, Kabag Ops Polres Way Kanan Kompol Suharjono, memberikan paparan bahwa Operasi Lilin Krakatau – 2020 ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung oleh kegiatan Intelijen, penindakan, gakkum, kegiatan khusus kepolisian dan memberikan bantuan serta kegiatan fungsi kepolisian lainnya yang dilaksanakan oleh Satgas Polres Way Kanan dan Polsek Jajaran sehingga tercipta Sitkamtibmas yang aman, tertib, lancar, damai dan sejuk di Wilkum Polres Way Kanan.

Kasat Lantas Polres Way Kanan, AKP Zainal Abidin, menjelaskan Sat Lantas Polres Way Kanan akan meningkatkan kegiatan patroli terhadap objek-objek vital yang ada di Kabupaten Way Kanan untuk mengantisipasi meningkatnya Kerawanan Kamtibmas dan meningkatnya penyebaran covid-19.

Selain itu, akan melakukan kegiatan preemtif pada tempat-tempat rawan laka lantas dalam berkendara dan tidak berkerumun dalam rangka menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kabagops menambahkan, Operasi Lilin Krakatau 2020 segera akan dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 04 Januari 2021 dengan melibatkan instansi dan lembaga terkait yang bersifat terbuka, dengan mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi.

(roy/WII)

  • Bagikan