Vaksin Covid-19 Tiba di Lampung, Dinkes Lambar: Tunggu Instruksi Provinsi

270

LIWA, WAKTUINDONESIA40.520 vaksin corona virus disease 2019 (Covid-19) dari PT Bio Farma, Bandung, tiba di Provinsi Lampung hari ini, Senin (4/1/2021) pukul 02.27 WIB.

Terkait hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat (Lambar) kini menunggu menunggu teknis dari Dinkes Provinsi Lampung.

“Untuk sementara kita belum dipanggil Dinkes Provinsi seperti apa teknisnya atau akan ada semacam workshop dulu dari provinsi prihal vaksinasi,” ujar Sekretaris Dinkes Lambar Cahyani Susilawati kepada waktuindonesia.id, Senin (4/1/2021) sore.

Kendati demikian, pihaknya menjelaskan saat ini sedang menginventarisasi perihal segala kebutuhan terkait vaksinasi.

“Kita (Diskes, Red) sama-sama berjalan, provinsi bergerak kita pun menyiapkan kebutuhan lainya,” katadia.

Adapun terkait kebutuhan dan penerima vaksin yang diprioritaskan, tenaga kesehatan (Nakes) di wilayah Lambar, jua diakui teknis dari dinkes provinsi.

“Hingga hari ini belum menjadi keputusan Lambar dapat berapa, tapi yang pasti secara Nasional akhir Januari ini mulai bergerak baik teknis, distribusi dan alokasi,” bebernya.

BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Tiba di Lampung, Ini Prioritas Pertama yang Mendapatkan

Terkait jumlah pasti nakes di Lambar ia juga belum bisa menyebutkan angka pasti.

“Kami belum bisa sebutkan, karena masih mempersiapkan prihal klasifikasi dan standarisasi penerima. Apalagi vaksin ini kan belum semua Nakes mendapatkan karena akan bertahap. Kami sedang hitung dan berapa jumlahnya nanti kami akan ekspos,” ungkapnya.

Disinggung mengenai pro kontra vaksi di tengah masyarakat pihaknya menjelaskan untuk mematuhi peraturan pemerintah yang ada.

“Disesuaikan dengan yang berlaku dahulu bahwasanya vaksinasi ini di prioritaskan untuk Nakes, untuk masyarakat nanti tunggu berikutnya,” paparnya.

(erw/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Hari ke-4, Pencarian Korban Tenggelam di Danau Toba Dilanjut