Baru Dipasang, Portal di Jalan Kapten Selamat Ketaren Rusak

450

Truk Fuso melewati portal yang baru dipasang sudah rusak. (ist)

KARO, WAKTUINDONESIA — Seringnya dilintasi truk yang membawa muatan bertonase berat bahkan overtinase, sehingga kerap memicu kemacetan dan penyebab kerusakan jalan.

Untuk mengantisifasi agar truk yang bermuatan tinggi, Dishub Karo memasang portal di persimpangan jalan Selamat Ketaren Kabanjahe, Rabu (13/1/2021).

Pemasangan portal besi itu langsung dipantau Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga, Kadishub Gelora Fajar, SH dan Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba.

Dikesempatan itu , Terkelin Brahmana menilai langkah yang dilakukan oleh OPD teknis tersebut sudah sangat tepat dan benar.

Sebab jalan Kapten Selamat Ketaren sering melintas kendaraan truck truck fuso dengan muatan yang tinggi, dampaknya arus lalu lintas macat. Selain itu jalan cepat rusak karena muatan tonase melebihi ketahanan jalan raya.

Namun sangat disayangkan, belum ada satu hari portal dipasang, sore harinya sudah rusak dan terlihat besi bulat kosong itu penyok dihantam truc akibat ulah supir yang masih melintas.

Begitu juga menjelang malam tadi, Rabu (13/1/21), terlihat truk Fuso hendak melintas, namun terhalang portal, padahal di persimpangan Centrum Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe sudah dipampangkan plang agar tidak melintasi jalan tersebut.

Melihat hal tersebut, beberapa warga sempat berkomentar.

“Apakah gak ada matanya sehingga tidak melihat portal yang sudah dipasang,” kata warga bermarga Ginting.

Selain itu, warga juga mengusulkan agar sebaiknya dipasang besi besar, supaya ketahanannya sangat kuat.

“Kalau besinya hanya segitu besarnya rusaklah di dorong bak truk itu,” ujar warga agak kesal.

Kadis Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, saat dikonfirmasi Waktuindonesia.id, Rabu (13/1) sekira pukul 19:50 WIB, menjelaskan, benar portal itu baru dipasang dan rusak akibat dilintasi truk Fuso.

BACA JUGA:  Kali Ini MPAL Pesawaran Satukan Tekad Menangkan Dendi-Marzuki

“Padahal sudah dibuat rambu-rambu jalan alternatif, namun masih ada truk melintas di tengah malam melintas jalan tersebut sehingga merusak portal yang baru dipasang.”

“Tadi supir truc sudah mengaku salah dan bersedia memperbaikinya,” pungkas Gelora Fajar.

Laporan : Bambang F, Karo – WII

Facebook Comments