Dari Merah, Lambar Beralih ke Oranye, Begini Kata Satgas Covid-19

280

LIWA, WAKTUINDONESIA – Meski angka terkonfirmasi Positif Covid-19 meningkat, Lampung Barat (Lambar) yang semula zona merah kini beralih menjadi zona oranye.

Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Lambar, Erna Yanti mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Lambar, yang juga Jubir Satgas Covid-19, Paijo membenarkan hal tersebut.

“Ya mulai hari ini status di Lambar tidak lagi merah tetapi sudah orange berdasarkan skor penilaian 18-24 Januari ini,” jelas Erna saat dikonfirmasi waktuindonesia.id, Senin (25/1/2021).

Lanjut Erna, adapun terkait status yang disandang Bumi Beguwai Jejema tersebut merupakan skor penilaian dari gugus tugas pusat.

“Zona merah itu berdasarkan penilaian gugus tugas pusat dengan skor penilaian kurun waktu 10-17 Januari lalu,” Paparnya.

Sementara itu, berdasarkan indeks skor penilaian yang diterima waktuindonesia.id zona orange ialah berpredikat risiko tinggi penyebaran dan potensi virus tidak terkendali.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Gugus Tugas Maidar menjelaskan bahwa perubahan zona yang semula merah menjadi orange merupakan suatu bentuk progres kerja satgas terkait.

“Ya kami bersyukur, ini berkat kerja keras semua pihak dalam menekan tingginya penyebaran virus covid 19 di Lambar, juga sebagai salah satu indikasi bahwa masyarakat kita mulai menyadari pentingnya disiplin protokol kesehatan (prokes),” pungkasnya.

Adapun berdasarkan data yang diperoleh waktuindonesia.id dari dinkes terkait, situasi zona per kabupaten kota dapat berubah setiap minggu sesuai penilaian gugus tugas berdasarkan 3 kriteria : Epidemiologi, Surveilans dan Pelayanan Kesehatan.

(erw/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  #Prostitusionline jadi Tren di Twitter Pasca Artis VS Diamakan di Hotel di Bandarlampung