Antisipasi Bencana Alam, BPBD Lambar Warning Satgas Pekon

  • Bagikan

LIWA, WAKTUINDONESIA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat (Lambar) ingatkan potensi bencana di wilayah kabupaten itu.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana Hidayattulloh mendampingi Kepala BPBD Lambar Maidar saat dikonfirmasi waktuindonesia.id, Rabu (10/2/21), antisipasi tersebut merupakan deteksi dini menginggat beberapa bulan terahir di beberapa wilayah Provinsi Lampung, khususnya di Lambar potensi curah hujan dan angin tinggi.

“Ya kami telah mengirim surat ke seluruh pekon melalui camat terkait perihal antisipasi bencana alam ini. Itu sudah kami lakukan sejak akhir tahun menjelang awal tahun 2021. Di mana curah hujan dan angin mulai tinggi dan kami selalu intens berkordinasi dengan satgas Penanggulangan Bencana (PB) tingkat pekon, karena di setiap pekon seluruh Lambar itu ada lima satgas,” jelasnya.

Selain itu, kata Hidayatulloh, intebsitas curah hujan dan angin sangat berpotensi menimbulkan bencana alam di bumi Beguwai Jejama Tersebut.

“Di Lambar memang potensi bencana seperti jalan longsor dan banjir menjadi kekhawatiran. Terlebih Lambar daerah pegunungan banyak pepohonan dan tebing,” paparnya.

Lanjut dia, adapun wilayah yang kerap menjadi langganan bencana alam ialah wilayah Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BnS).

“Suoh dan BnS biasanya langganan banjir, pohon tumbang di sepanjang jalur dua Kelurahan Waymengaku dan jalan longsor di sepanjang jalan lintas Liwa-Krui. Daerah itu yang biasanya potensial terjadi bencana alam, kami berdoa semoga jangan sampai itu terjadi namun ikhtiar kami berupa antisipasi awal harus kami lakukan,” pungkasnya.

(erw/WII)

BACA JUGA:  Setelah 6 Bulan, Japorman Ungkap Alasan Mundur dari PDI Perjuangan, Penggantinya Ternyata Sempat Plt Gubernur Jakarta
  • Bagikan