Ada Keyakinan Kadis Padang saat Beralih ke Dokumen Digital, Yuk.! Simak Penjelasannya

138

LIWA, WAKTUINDONESIA – Pemkab Lampung Barat (Lambar) tengah berupaya mengimplementasikan pitu (tujuh) programnya.

Salah satunya Program Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik.

Program ini kini menujukan progres, salah satunya peluncuran bakal Surat Layanan Elektronik (SULE) di dinas komunikasi infoormatika (Diskominfo) dan Layanan Online Pegawai Elektronik (LOPE) di tubuh badan kepegawaian dan pengembangan sumberdaya manusia (BKPSDM), Rabu (17/2/21).

Ada keyakinan atas diterapkannya dokumen digital itu.

“Era digital seperti sekarang ini, persuratan elektronik sangat dibutuhkan. Selain menghemat tempat dan biaya, penyimpanannya juga dapat diarsipkan dalam satu data selama satu tahun dan aman,” begitu ditandaskan Kadiskominfo Padang Priyo Utomo saat Video Conference (Vicon) tentang penerapan sistem pemerintahan elektronik di ruang rapat bidang aplikasi dan Informatika Diskominfo yang dihadiri beberapa Kepala OPD setempat, seperti dalam keterangan tertulis Diskominfo, Rabu (17/2/2021).

Kadis Padang juga menyebut, produk tata dinas yang saat ini notabene menggunakan kertas sebagai naskah dinas dan arsip menurutnya menggunakan biaya tinggi untuk seluruh komponen dan ruang dokumen yang kurang efisiens.

“Dengan aplikasi era digital ini, bisa dilakukan penyimpanan arsip dengan data di dalam satu tahun. Jadi kami tidak harus memenuhi tempat atau ruangan untuk menyimpan data berupa dokumen kertas,” jelasnya.

Lanjut Padang, aplikasi tersebut sebagai terobosan terbaru dengan disertai regulasi dan terintegrasi Peraturan Bupati (Perbup) tahun 2020 tentang dokumen digital.

“Kami meyakini diimplementasikanya aplikasi SULE dan LOPE tersebut akan terjadi penghematan anggaran dan bakal diaplikasikan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lambar,” bebernya.

Masih kata padang, bila basis tata naskah sebelumya dinas menggunakan surat biasa sebagai dokumen antar OPD bakal berubah dari konvensional menjadi digital

BACA JUGA:  Siapa Sangka, Bermula Serempet Stang Motor jadi Tumor Tulang, Keluarga Butuh Uluran Tangan

“Setelah aplikasi dioptimalkan, nantinya bakal diserahkan kepada BKD sehingga administrasi kepegawaian bisa dilakukan secara digital/online harapan kami di tahun ini digitalisasi administrasi berjalan maksimal,” pungkasnya.

(erw/WII)

Facebook Comments