DD Golo Ndele Berpolemik, Warga Nilai Pemdes tak Transparan

64

MANGGARAI TIMUR, WAKTUINDONESIA –  Realisasi dana desa (DD) 2020 di Desa Golo Ndele, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, disinyalir tak transparan.

Hal itu siisyaratkan tidak adanya papan informasi dan transparansi penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Menurut seorang warga setempat, Yofantus Labut, masyarakat sempat datang ke kantor desa untuk mempertanyakan papan informasi penggunaan DD. Sekaligus mengetahui berapa jumlah alokasi dan penggunaan DD untuk Desa Golo Ndele.

“Sebagai warga masyarakat, tentu kita punya peran untuk mengawasi serta mengetahui penggunaan DD tahun 2020 Pemerintah Desa Golo Ndele.Papan informasi pagu anggarannya juga tidak ada sama sekali,” ungkapnya kepada Waktuindonesia.id, Jumat (19/02/2021 ).

Yofantus Labut mengaku pihaknya sudah menelusuri dalam sistem laporan informasi desa (MemenDesa) ternyata sudah terpapar anggaran penyelenggaraan informasi publik desa bahwa pembuatan (poster, Baliho,dll ) itu anggarannya sebesar 1.500.000 ,tapi realita  di lapanganya baliho tidak ada.

“Pemdes sudah membohongi masyarakat, dilaporan kemenDesa, semuah terealisasi tapi faktanya sama sekali tidak benar,” ujarnya kesal

Pada kesempatan yang sama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Golo Ndele, Ubaldus Ndoi menjelaskan selama pencairan DD, dirinya tidak tahu, karena tidak  adanya keterbukaan informasi dari Pemdes dan Bendahara.

“Sampai sekarang belum ada laporan pertanggung jawaban akhir tahun dari kades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD),  papan informasi DD juga tidak ada, agenda rapat pun kadang BPD tidak dilibatkan oleh jades,” jelasnya.

Sementara itu Kades Golo Ndele, Wilibrodus Nani tak banyak komentar terkait haln itu.

“Kalo soal papan informasi Pengelolaan DD tahun 2020 tunggu bendahara cek di APBDesa,”  jelasnya melaui pesan WhatsApp.

Laporan: O JEMARUT/WII

Facebook Comments
BACA JUGA:  Dimosi tak Percaya, Akhirnya Benzar Bunyamin Diberhentikan dari Ketua APDESI Pesibar, Ini Penggantinya