Dinas PPO Manggarai Timur Gelar Diklat Calon Pengawas Sekolah, Diikuti 16 Peserta

  • Bagikan

MANGGARAI TIMUR, WAKTUINDONESIA – Pemkab Manggarai Timur telah menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang diikuti calon pengawas sekolah di lingkup lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) setempat tahun 2021.

Diklat tersebut dihadiri oleh Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) beserta jajaran, narasumber ahli dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pengawas Sekolah, ketua supervisor kegiatan, dan peserta.

Kegiatan dijadualkan berlangsung tiga hari, 18-20 Maret 2021 bertempat di Hotel Vharisma Borong mengikuti protokol kesehatan.

Kadis PPO Drs. Basilius Teto menjelaskan mengatakan pengawas sekolah harus profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga terwujud suatu sistem pendidikan yang ideal bagi cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.

Setidaknya, kata Basilius, tugas pokok pengawas sekolah/satuan pendidikan melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, supervisi akademik dan manajerial.

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi, papar Basilius, minimal ada tiga kegiatan yang harus dilaksanakan, yakni pengawas melakukan pembinaan pengembangan kualitas sekolah, kinerja kepala sekolah serta guru dan seluruh staf sekolah; melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah beserta pengembangannya, dan melakukan penilaian terhadap proses dan hasil program pengembangan sekolah secara kolaborasif dengan stankeholder sekolah.

Basilius menambahkan kegiatan tersebut diikuti 17 peserta, tetapi satu orang dalam perjalanan off atau tidak lanjut dan sisanya tinggal 16 yang menerima sertifikat pengawas sekolah dan dinyatakan lulus.

“Saya meminta kepada para peserta kegiatan diklat calon pengawas sekolah agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin tanggung jawab untuk peningkatan kualitas diri maupun pendidikan secara umum,” kata dia, Sabtu (20/3/21).

Sementara itu penanggung jawab kegiatan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pengawas Sekolah, Kolekta Keu, upaya penyediaan sumber daya manusia terkait dengan pengawas sekolah baik dari lembaga pendidikan SD maupun SMP, khusus Manggarai Timur dihadiri perwakilan semua sekolah yang sudah diseleksi Dinas PPO bekerja sama dengan LP2KS Solo.
“Kegiatan ini sudah berjalan hampir tiga bulan mulai dari 3 Sesember 2020,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Singgung Gemma, Kadis Sairun Hadiahi Siswa Uang Tunai

Laporan : O.Jemarut

  • Bagikan