10 Pekon di Pagardewa Salurkan BLT DD 3 Bulan

  • Bagikan

PAGARDEWA, WAKTUINDONESIA – 10 Pekon (Desa) di Kecamatan Pagardewa Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa (DD) Rp300 ribu untuk tiga bulan, yakni Januari hingga Maret 2021.

BLT itu disalurkan selama dua hari, yakni Kamis-Jumat (8-9/4/21).

10 pekon dimaksud, adalah Margajaya, Basungan, Sidodadi, Batuapi, Pahayujaya, Pagardewa, Sukamulya, Mekarsari, Sukajaya dan Sidomulyo.

Sejatinya, BLT DD yang cair hanya untuk Januari 2021. Namun, dengan upaya 10 peratin di kecamatan itu menalangi hingga mampu dibagikan untuk tiga bulan.

Menurut Camat Pagardewa, M Yones SSTP MH, Kamis (8/4), di hari ini BLT disalurkan di delapan desa, yakni Margajaya, Basungan, Sidodadi, Batuapi, Pahayujaya, Pagardewa, Mekarsari dan Sukamulya.

Sementara dua desa sisanya, yaitu Sukajaya dan Sidomulyo dijadwal dibagikan besok, Jumat (9/4).

Camat Yones mengapresiasi langkah 10 kades yang berinisiatif mencari talangan agar BLT DD itu disalurkan tiga bulan.

“Sebenarnya BLT DD hanya cair untuk Januari. Namun jangkauan dan medan di Pagardewa ini tergolong sulit, maka para peratin mencari talangan dana pribadi agar bisa dicairkan tiga bulan. Jadi keluarga penerima manfaat (KPM) bisa menerima BLT selama tiga bulan. Pertimbnagannya, kalau hanya satu bulan kalau jangkauannya jauh kan akan berkurang untuk transportasi,” ujarnya.

Ia juga bersyukur, jelang bulan Ramadhan masyarakat bisa terbantu. Terlebih musim kopi belum tiba.

“Masyarakat terbantu untuk kebutuhan sehari-hari dan memasuki bulan Ramadhan. Apalagi musim kopi belum dimulai,” ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat penerima BLT menggunakan bantuan tersebut untuk lebutuhan yang mendesak.

Ia juga menjelaskan, BLT DD diperuntukkan bagi KPM yang tidak menerima bantuan sosial lainnya, seperti PKH, BPNT atau lainnya.

(esa/WII)

BACA JUGA:  Bupati Saply Salurkan Bantuan 10,5 Ton Benih Bawang Merah Kementan di Sidomulyo
  • Bagikan