Massa Gelar Aksi di DPRD Konsel Soal Hauling Ore Nikel PT Asmindo

  • Bagikan

KONSEL, WAKTUINDONESIA – Puluhan masa aksi yang tergabung dari mahasiswa dan masyarakat menggelar aksi di gedung DPRD Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (3/6/21) pagi.

Massa mengkritik aktivitas PT Asera  Mineral Indonesia (Asmindo) yang akan melakukan hauling (pengangkutan) yang akan melintasi jalur provinnsi dan kabupaten dengan bermuatan ore nikel yang disebut belum mengantongi izin.

Ketua komisi III DPRD Herman Pambahako SH lantas menanggapi aksi massa itu.

“Kita melakukan pemanggilan kepada direktur utama (Dirut) PT Asmindo serta dinas PU Konsel termasuk Dinas Perhubungan,” katannya.

Sementara, Kadis Perhubungan Ambran menjelaskan, PT Asmindo sebelum melakukan hauling harus kantongi izin resmi dari pemerintah.

“Dan harus pahami 10 poin, di antaranya kendaraan harus layak jalan kemudian kir harus aktif dan mempunyai surat angkutan jalan. Namun sebelum belum memiliki izin apapun maka tidak boleh lakukan aktivitas yang bermuatan ore nikel,” ucap Kadis Ambran.

Sementara pihak PT Asmindo mengatakan pihaknya hingga kini belum beraktivitas apapun di lapangan.

“Sebab kami baru mulai lakukan tahap sosialisasi terhadap masyarakat baik desa hingga kecamatan sambil nunggu surat izin resmi dari pemerintah.
Dan untuk saat ini yang kami lakukan melakukan perbaikan badan jalan yang menggunakn anggaran perusahaan,” tutupnya.

(der/WII)

BACA JUGA:  15 Tahun Bersih-besih di Pemda Lambar, Saat Stroke Dijenguk Saja Tidak, Kata Tawinem
  • Bagikan