Pesejuk dan Pengukuhan Pengurus HPBSS Rundeng

621

SUBULUSSALAM, WAKTUINDONESIA – Camat Rundeng, Subulussalam, Aceh, Ihsan Dapit, SSos bersama Danramil 02 Rundeng, Pesejuk (Peusijuk atau Peusijuek) Pengurus Budaya Singkil Subulussalam di tingkat Kecamatan Rundeng, Senin (21/6/21).

Dimana beberapa bulan yang lalu, tepatnya April 2021 telah dilaksanakannya musyawarah pembentukan Himpunan Penggiat Budaya Singkil Subulussalam (HPBSS) tingkat Kecamatan Rundeng di Aula Kantor Kecamatan Rundeng.

Hasil musyawarah tersebut terpilih Irwan Faisal sebagai ketua HPBSS Kecamatan Rundeng dan Malim Sabara selaku wakil ketua, M Yahya sekretaris dan disusul Wahda sebagai bendahara. Dan seluruh pengurus yg tergabung dalam himpunan tersebut.

Menurut Irwan Faisal yang akrab disapa Ogek Faisal itu, himpunan itu akan bergerak sebagai penggiat Budaya Singkil Subulussalam yang hampir punah ditelan bumi.

“Aksi nyata akan kami lakukan dalam kegiatan pestival dan seminar budaya sehingga, cita-cita bersama akan terwujud untuk melestarikan budaya tersebut,” tegasnya.

“Di samping itu saat ini kita sudah membuka ada tiga sanggar seni tari tradisi yang bertujuan untuk melatih kaula muda kita salah, satu di antaranya Seni Tari Beladiri Tradisional ‘Tari Biahat’, kurang lebih ada 200 peserta pemuda dan pemudi yang kita latih tersebar diberbagai sekolah SMA sederajat,” tambah Ogek Faisal.

“Semoga seluruh pengurus dan tokoh masyarakat dapat bekerjasama dalam kegiatan budaya ini dan terimakasih kepada Muspika Kecamatan Rundeng yang telah mendukung kegiatan ini,” tandasnya.

Sekadar informasi, Peusijuk atau Peusijuek adalah prosesi adat di aceh yang bertahan hingga kini.

(fie/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Destinasi Wisata Berkelas di Lambar Disasar IFTA Explore