Pemkab Pesibar Berupaya Putus Penularan Malaria

  • Bagikan

KRUI, WAKTUINDONESIA – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, Agus Istiqlal, yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Hasnul Abrar Sanusi, membuka acara pertemuan lintas sektor persiapan eliminasi malaria, di Aula Hotel Sartika Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (1/9/21)

Hasnul Abrar Sanusi menyampaikan bahwa hingga kini malaria menjadi masalah kesehatan di Indonesia karena malaria termasuk ke dalam penyakit menular tropis (tropical diseases) yang banyak terdapat di negara-negara beriklim tropis.

“Secara global Indonesia telah menyatakan komitmen dalam menanggulangi penyakit malaria dengan menargetkan terbebas dari malaria dan mencapai eliminasi malaria secara nasional pada Tahun 2030,” ujarnya.

Diterangkannya, dalam upaya mewujudkan Pesibar bebas malaria tentu bukan hanya menjadi tugas dari sektor kesehatan. Kerjasama dan dukungan lintas sektor untuk mencapai tujuan tersebut sangat diperlukan.

“Dukungan kegiatan melalui dana desa, pembangunan wilayah kabupaten, pembangunan sektor pariwisata yang ramah lingkungan, pengawasan kepada para pelaku wisata baik domestik maupun mancanegara tidak serta-merta dapat dilakukan tanpa adanya koordinasi dan pemahaman yang sama dari kita semua sebagai pemangku kebijakan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran atas upaya yang telah dilakukan, serta hal apa saja yang perlu dilakukan bersama sehingga target eliminasi malaria di Pesibar pada Tahun 2023 bisa tercapai.

(ers/WII)

BACA JUGA:  LAMI Karo Minta Polisi Bergerak Atas Pengutipan Retribusi di Desa Doulu, Kasat Adrian: Kami Akan Bertindak!
  • Bagikan