Ini Yang Dilakukan Polres Pesawaran Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Wisatawan

  • Bagikan

GEDONG TATAAN, WAKTUINDONESIA – Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo memprediksi akan ada lonjakan jumlah pemudik dan wisatawan di Kabupaten Pesawaran menghadapi libur lebaran.

Kapolres AKBP Pratomo Widodo mengatakan, tahun 2022 di prediksi akan ada peningkatan jumlah pemudik dan pengunjung tempat wisata yang datang ke Pesawaran.

“Hal itu menyusul adanya kelonggaran bagi para pemudik dan wisatawan untuk melakukan perjalanan, apalagi memang kasus Covid-19 saat ini sudah mengalami penurunan,” kata Pratomo, Senin 18 April 2022.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal itu, Polres Pesawaran akan mendirikan Pos Pengamanan, Pos Pantau dan Pos Pelayanan bagi pemudik dan wisatawan.

“Untuk antisipasinya kurang lebih kita akan dirikan 9 pos yang ditempatkan pada jalur mudik dan wisata, karena wilayah kita merupakan tempat wisata jadi pengamanan bukan hanya arus mudik dan arus balik saja, tapi juga pengamanan wisata,” kata dia.

Dirinya juga menjelaskan, pihaknya akan menerjunkan ratusan personel gabungan untuk melakukan pengamanan mudik lebaran 2022.

“Dari Polres Pesawaran kita akan turunkan 215 personel, nanti dibantu juga dari Polda Lampung, TNI, anggota Pramuka, Orari dan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Selain itu, untuk pengamanan tempat wisata jelang libur lebaran, ia mengatakan akan berkoordinasi dengan Basarnas Lampung.

“Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada tempat wisata, kita juga sudah melakukan koordinasi dengan Basarnas Lampung agar bisa menempatkan personelnya di sejumlah titik tempat wisata yang ada,” ujar dia.

Ia pun menghimbau kepada para pemudik maupun wisatawan yang akan melakukan perjalanan untuk dapat menjaga kesehatan, memastikan kondisi kendaraannya dalam keadaan layak jalan dan mempersiapkan dokumen perjalanan dan menerapkan Protokol Kesehatan mengingat virus Covid-19 masih ada meskipun trend penyebarannya sudah mulai landai.

BACA JUGA:  Dugaan Penipuan, Oknum Anggota Dewan Akhirnya Penuhi Panggilan Polisi

(WII)

 

  • Bagikan