Bupati Lampung Barat Lepas 138 Jamaah Umrah di H-1 Idul Fitri 1443 H, 100 di Antaranya Dibiayai APBD

  • Bagikan

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melepas 138 jamaah umrah di Masjid Bintang Mas, Islamic Center (IC) di Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit pada H-1 Idul Fitri 1443 H atau akhir Ramadan, Minggu 1 Mei 2022.

Dari 138 jamaah umrah asal Lampung Barat tahun 2022 itu, 100 di antaranya dibiayai APBD setempat tahun ini.

Saat melepas jamaah umrah tersebut, Bupati Parosil tampak didampingi Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin.

Pelepasan jamaah umrah asal Lampung Barat itu juga disaksikan Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Barat Adi Utama.

Berdasarkan rilis Diskominfo Lampung Barat, 100 jamaah umrah yang dibiayai Pemkab Lampung Barat yang bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 terdiri atas berbagai latar belakang profesi dan lapisan masyarakat.

Sementara 38 lainnya merupakan jamaah umrah mandiri.

Menurut Bupati Parosil, wisata rohani atau umrah ke tanah suci merupakan implementasi salah satu dari pitu (Tujuh) program yang termuat dalam poin ke tujuh yang dicanangkan Bupati Parosil bersama wakilnya Mad Hasnurin di masa kepemimpinannya periode 2017-2022, yaitu peningkatan iman dan taqwa.

Dikatakan, sejatinya tiap tahun pemkab memberangkatkan masyarakatnya untuk berwisata rohani.

Namun dua tahun sebelumnya, 2020 dan 2021, program tersebut terpaksa ditunda lantaran pandemi Covid-19.

“Sebenarnya pemberangkatan umroh ini dilaksanakan tahun 2020, tapatnya di bulan Mei. Waktu itu juga para jamaah sudah membuat paspor dan tinggal berangkat. Akan tetapi terhalang wabah pandemi Covid-19,” jelas Bupati Lampung Barat kelima itu.

Dikatakan Bupati Parosil, semula, rencananya keberangkatan jamaah umrah asal Lampung Barat lebih awal atau tiba di tanah suci, Mekkah atau Madinah Arab Saudi pada 1 Syawal 1443 H, 2 Mei 2022.

BACA JUGA:  Tersangka, Mantan Peratin di Lampung Barat Ini Ditangkap Polisi, Ini Kasusnya

“Namun karena sesuatu dan lain hal maka baru bisa terlaksana hari ini. Namun apapun itu kita patut bersyukur karena sudah bisa berangkat,” tambah suami Ketua TP PKK Lampung Barat Partinia Parosil itu.

Bupati Parosil berpesan jamaah umrah berkenan mendoakannya dan Wabup Mad Hasnurin agar bisa menyelesaikan tugas keduanya hingga akhir masa jabatan (AMJ) 11 Desember 2022 dengan baik.

“Mungkin sebagian bapak ibu yang hadir di sini sudah mengetahui bahwa waktu saya dan Pak Mad Hasnurin memimpin Lampung Barat tinggal tujuh bulan lagi. Doakan agar kami saat di tanah suci agar kami bisa menyelesaikan program-program dengan baik, tidak ada masalah dan persoalan juga sehat dan selamat,” pungkas ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat itu.***(WII)

  • Bagikan