Weekend, Parosil Lantik 9 Peratin di 3 Kecamatan di Lampung Barat, Ini Pesannya

  • Bagikan

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Akhir pekan (Weekend) ini, Sabtu-Minggu, 14-15 Mei 2022, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melantik sembilan peratin di tiga kecamatan berbeda.

Sembilan peratin yang dilantik itu hasil pemilihan peratin (Pilratin/pilkades) yang digelar serentak di 60 pekon di Lampung Barat, 23 Februari 2022 lalu.

Wabup Lampung Barat, Mad Hasnurin, Ketua DPRD Edi Novial dan Pj Sekkab Adi Utama menjadi tamu undangan dalam di pelantikan peratin yang digelar di akhir pekan tersebut.

Pada Sabtu, 14 Mei 2022, bupati Lampung Barat kelima itu melantik tiga peratin di Kecamatan Pagardewa.

Kemudian, Minggu, 15 Mei 2022, bupati yang akrab disapa Pakcik itu melantik enam peratin di dua kecamatan, yakni Airhitam dan Gedungsurian.

Di Kecamatan Pagardewa, pelantikan tiga peratin terpilih dipusatkan di Lapangan SDN Sidodadi.

Tiga peratin yang dilantik tersebut, yaitu Peratin Pahayujaya, Heri Asnadi; Peratin Sidodadi, Anilah Ramayanti Taswidah; dan Peratin Sukajaya, Febra Saputra.

Sehari berselang, Minggu, 15 Mei 2022, bupati yang akhir masa jabatanya (AMJ) jatuh 11 Desember 2022 tersebut melantik enam peratin: tiga peratin di Kecamatan Airhitam dan tiga peratin di Kecamatan Gedungsurian.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022.

Di Kecamatan Airhitam pelantikan dipusatkan di Pekon Srimenanti.

Tiga peratin yang dilantik itu, adalah Peratin Srimenanti, Anggi Ismanto; Peratin Semarangjaya, Damsiri Ahmad; dan Peratin Sumberalam, Husain.

Sementara tiga peratin yang dilantik di Kecamatan Gedungsurian, yaitu Peratin Puranekar, Anderi; Paratin Ciptawaras, Sunayah; dan Peratin Mekarjaya, Dede Suherli.

Ketiganya dilantik secara bersamaan di Pekon Mekarjaya.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, mengatakan pelantikan merupakan tahapan akhir dari suatu pemilihan.

BACA JUGA:  Selain Pungutan Rp400 Ribu, TerungkapĀ  Kelompok KHJL TebangĀ  Pohon Tanaman Warga Desa Tetanggga

Artinya, proses pilratin telah usai. Karenanya, pihak yang sempat berbeda pandangan dan berbeda pilihan kini waktunya untuk bersatu, bahu-membahu fokus pada satu hal, membangun pekon.

“Perbedaan pilihan itu biasa dalam demokrasi. Yang kalah tak perlu berkecil hati, yang menang tak perlu jumawa. Kini, perbedaan pilihan telah berakhir. Lupakan perbedaan pilihan. Kini waktunya bersatu untuk membangun pekon dan kesejahteraan masyarakat,” imbaunya.

Bupati Parosil juga mengucapkan selamat kepada peratin yang telah dilantik.

Ia mengingatkan, harapan besar digantungkan seluruh lapisan masyarakat kepada peratin memajukan pekon.

“Kami percaya, bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada saudara-saudara,” ujar suami Ketua TP-PKK Lampung Barat, Partinia Parosil itu.

Dilanjutkan, tugas menjadi seorang pemimpin atau peratin adalah mengayomi, melindungi dan mempersatukan kembali masyarakatnya.

“Selain itu tugas seorang pemimpin adalah harus dapat menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan ketenangan bagi masyarakat,” kata dia seraya menyarankan peratin baru menjadikan peratin sebelumnya guru dan menjalin komunikasi yang baik untuk kemajuan pekon.

(WII)

  • Bagikan