Pemkab Pesawaran Buka Sosialisasi Innovation Government Award

  • Bagikan

GEDONG TATAAN, WAKTUINDONESIA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran membuka kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pengukuran serta Penilaian Innovation Government Award (IGA) tahun 2022.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Sekdakab Wildan menyampaikan Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 tentang penilaian dan pemberian penghargaan dan/atau Intensif Inovasi Daerah yang menerangkan bahwa IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemendagri terhadap inovasi yang dibuat oleh Pemda dalam berbagai bentuk untuk memacu kreatifitas dan inovasi daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik, kemandirian dan daerah, kesejahteraan masyarakat.

“Pelaksanaan pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) tahun 2022, yang mengukur pengelolaan keuangan daerah untuk tahun 2021 yang telah dilaksanakan,” kata Wildan, di Resto Bukit Randu Bandar Lampung, Selasa, 22 November 2022.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah berupaya untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Diantaranya dengan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Balitbangda Provinsi Lampung dan dengan Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, dan koordinasi dengan OPD yang terkait dengan melakukan evaluasi terhadap indikator-indikator penilaian yang ada pada dimensi satu sampai dengan dimensi enam,” timpalnya.

Menurutnya, pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah memiliki posisi yang cukup esensial, terutama dalam merangsang akselerasi peningkatan kualitas layanan serta pemecahan masalah serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang akan bermuara pada peningkatan daya saing daerah.

“Inovasi hendaknya menjadi kebiasaan dalam pemecahan masalah daerah, yang mengandung unsur pembaharuan, manfaat, kepentingan publik, urusan dan kewenangan pemkab, serta aplikatif atau dapat direplikasi,” ujar dia.

Dirinya berharap, kegiatan pada hari ini dapat menjadi pencerahan bagi kami semua, sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan akan menjadi lebih baik dan optimal. Terutama dalam pemenuhan penilaian indeks-indeks penyelenggaraan pemerintahan daerah agar Kabupaten Pesawaran juga dapat berbangga hati dalam perolehan predikat yang baik di ajang Innovation Government Award (IGA).

BACA JUGA:  Ruda Paksa Keponakan di Bawah Umur, Pria Ini Dicokok Polisi

“Saya harap Pemerintah Provinsi Lampung melalui Balitbang Provinsi dapat mensupervisi, membina sekaligus memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Pesawaran, sehingga dapat terarah dan semakin baik dalam perwujudan inovasi daerah, pengelolaan keuangan daerah, dan tentunya akan sangat berpengaruh pada kinerja Pemerintah Daerah di masa mendatang,” pungkasnya.

(WII)

 

  • Bagikan