BLT DD Dipangkas dari Rp600 Ribu jadi Rp300

  • Bagikan

MESUJI, WII – Para penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bakal kembali mendapatkan bantuan dampak pandemi global, Virus Corona selama tiga bulan ke depan, Juli – September 2020.

Tak terkeculi di Kabupaten Mesuji Lampung.

Namun, dana ini akan dipangkas, semula selama tiga bulan terakhir, April – Juni digulirkan dengan nilai Rp600 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi Rp300 ribu per bulan 0er KPM.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mesuji Sunardi di sela sela pembagian BLT secara simbolis untuk 589 KPM oleh Bupati Mesuji H.Saply Th di Balai Desa Simpangpematang Kecamatan Simpangpematang, Rabu (24/06/2020).

Menurutnya, jangka waktu pemberian BLT diperpanjang tiga bulan ke depan. Dari sebelumnya hanya dibagikan pada periode April-Mei-Juni diperpanjang hingga Juli-Agustus-September.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas PMK 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan dana desa.

Sunardi menyebutkan kebijakan untuk memperpanjang masa pemberian BLT DD melihat perkembangan penyebaran virus Korona di Indonesia, khususnya di Mesuji.

“Dampak ekonominya sangat terasa hingga ke masyarakat pedesaan. Sehingga dibutuhkan dana stimulus agar perekonomian warga bisa bangkit lagi,” ungkapnya.

Masih kata sunardi, dana BLT dibagikan dengan dua cara. Yakni diberikan secara tunai atau cash serta transfer bank.

Namun sebelumnya desa menyalurkan dananya melalui pemberian secara tunai.

Terkait penyakiran BLT hari ini, Sunardi membeberkan secara total yang dibagikan dibalai desa simpang pematang ada sembilan desa sebanyak 589 kepala keluarga penerima BLT DD di Kecamatan Simpang pematang, dengan total penyalurn dana sebesar Rp1,413 Miliar.

Ia memastikan penerima ideal.
“Kalaupun ada warga yang belum menerima, lanjutnya, karena memang secara pendataan warga tersebut belum masuk dalam kriteria yang telah ditetapkan. Mereka mungkin bisa dimasukkan ke dalam program sosial lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA:  2021: DPMP Lambar Tekankan Pekon Pencapaian SDGs, BLT juga Disinggung

(fan)

  • Bagikan