Viral! Wabup Waykanan Edward Antony Positif Corona, Ini Keterangan Resmi Kadiskes Anang

518

WAYKANAN, WII – Viral di media sosial melalui aplikasi WahtsApp, yang menulis Wabup Waykanan, Lampung, Edward Antony positif covid-19.

Tak hanya itu, dua pejabat lain juga dikhabarkan sama.

Diakhir pesan itu, tertulis Saipul/sekda.

Ketua Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Way Kanan Raden Adipati Surya, melalui Juru Bicara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Anang Risgiyanto, saat dikonfirmasi, Senin (10/08/2020), membenarkan Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony terkonfirmasi positif Covid-19 dengan kode pasien 7.

Anang menjelaskan untuk kronologis pasien nomor 7 Kabupaten Way Kanan usia 62 tahun tersebut pada 4-6 Agustus 2020 mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta.

Di tanggal 8 Agustus 2020, mengeluhkan demam, lalu melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit di Bandar Lampung.

Kemudian dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif. Selanjutnya dilakukan pengambilan PCR swab pertama dengan hasil positif Covid-19. Pada Minggu, (09/08), kembali dilakukan pengambilan PCR swab kedua dengan hasil positif Covid-19.

Kemudian dilakukan tracking terhadap kontak erat dengan Wakil Bupati Way Kanan sebanyak 22 orang dan dilakukan pengambilan PCR swab pertama didapatkan hasil positif Covid-19 sebanyak 6 orang dalam keadaan sehat atau orang tanpa gejala (OTG).

Menurutnya, untuk mempercepat pemulihan walaupun tidak ada gejala, maka dilakukaan isolasi dan perawatan di rumah sakit pemerintah.

“Covid-19 tidak perlu ditakuti. Semua bisa terinfeksi. Oleh karena itu perketat protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak atau physical distancing dan PHBS dengan CTPS serta jaga stamina tubuh masing-masing dengan menerapkan Germas (gerakan masyarakat hidup sehat),” pesannya.

Sebelumnya, Senin (10/8) viral di media sosial yang menyebut wabup Waykanan dan dua pejabat lainnya positif corona

Berikut isi pesan yang viral tersebut:

BACA JUGA:  Update Corona di Karo, Ini Data Terkonfirmasi, Kontak Erat, Suspek hingga Probable

Assalamualaikum wr wb selamat pagi
Mohon izin menyampaikan beberapa hal yg SANGAT PENTING utk kita semua jajaran pimpinan dan staf pemda Kab Waykanan:

1. Bahwa sesuai hasil pemeriksaan laboratorium atas Swab/PCR tgl 8 agustus 2020 bahwa Pimpinan kita bpk wakil bupati/pak edwar antoni, Dinyatakan Positif covid19.

2. Bahwa hasil tracking tgl.9 agustus 2020, kpd orang2 yg diduga kontak erat dgn beliau maka pimpinan kita pak asisten 2/kussarwono, kadis BM PTSP/Kusuma Anakori juga dinyatakan positif covid19

Utk itu atas arahan bapak bupati maka:
1. Selama 3 hari kedepan terhitung senin 10 sd 13 agustus 2020 kantor sekretariat pemda, dan kantor Dinas BMPTSP Dinyatakan DITUTUP krn akan dilakukan sterilisasi oleh tim gugus tugas, dan semua pegawai bekerja dari rumah.

2. Kepada bapak ibu pimpinan OPD dan jajarannya, jika pernah merasa kontak erat dgn ketiga pimpinan kita di atas dihitung sejak tgl 25 Juli 2020 sd tgl 8 Agustus 2020 agar melaporkan dirinya kepada tim medis dinas kesehatan waykanan (melalui kadis kesehatan/kepala puskesmas waykanan terdekat) mulai hari ini senin 10 agustus.

3. Bagi yg pernah merasa kontak erat diminta utk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sambil menunggu pelaksanaan rapid test/swab PCR dan selama menunggu hasilnya agar melaksanakan isolasi mandiri atau sesuai arahan dari tenaga medis.

4. Kita semua (dirumah dan dikantor atau diluar rumah) diminta untuk menerapkan terus menerus protokol kesehatan secara ketat.

5. Kita semua diminta utk terus mendoakan agar pimpinan kita bapak wakil bupati dan keluarganya pak asisten 2/kussarwono dan keluarganya, ibu kadis BMPTSP/kusuma anakori dan keluarganya segera di berikan kesembuhan dan kesehatannya sehingga dapat bersama sama kita kembali.

BACA JUGA:  Kejari Karo Sambut Reses Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan

6. kita juga terus berdoa agar bapak bupati kita dan keluarganya selalu mendapatkan lindungan dari Allah SWT dan di jauhkan dari segala musibah dan penyakit, Aammiinnn.

7. Aktifitas pelayanan kepada masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun kita harus bekerja dari rumah.

8. Informasi ini agar di teruskan kepada semua jajaran kita secara japri.

9. Hal hal terkait penjelasan kepada media atau siapa pun agar di arahkan kepada juru bicara gugus tugas (kadis kesehatan).

10. Diminta untuk kita semua agar tidak panik dan menjaga kondusifitaw serta menyikapi semua ini dgn tenang dan sabar.

Demikian utk menjadi perhatian dan pelaksanaan nya.

mudah2an kita semua dilindungi Allah SWT. Aammiinnn Yra.

Saipul/sekda

(roy/WII)

Facebook Comments