Pemkab Lambar Ajukan 94 Pekon Sebagai Penerima Program Internet Perdesaan, Kini Tengah Proses Di Kementerian

230

LIWA, WII – Usulan Pemerintah Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) beberapa waktu lalu terkait penerima Program Bantuan Internet Pedesaan kini tengah proses.

Itu setelah dilakukan input melalui sisetem untuk Pekon penerima yang ada di Kabupaten setempat.

Tahun ini, 2020, desa atau pekon penerima yang telah diajukan sebanyak 94 pekon yang tersebar di 15 kecamatan.

Program bantuan internet untuk Pedesaan tersebut telah disampaikan ke Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) berikut dengan desa ataupun balai desa yang menjadi usulan.

Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Informatika di Diskominfo Lambar Dadan Iskandar saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (18/08/20) mengatakan, bahwa desa ataupun balai desa penerima sudah diusulkan dan kini tengah ditindak lanjuti oleh pihak kementerian.

“Hanya saja karena kita mengusulkan penerima menggunakan sistem aplikasi sehingga pada kolom keterangan pun masih proses, kita selalu pantau progres perkembanganya nya,” ungkap Iskandar.

Dadan mengatakan, sebagai program yang ditujukan untuk pedesaan pelaksanaannya harus tepat sasaran jangan sampai mekanismenya melanggar aturan apalagi bila pemasangannya tidak pada Desa ataupun Balai Desa yang menjadi usulan.

“Harapannya, program ini mampu meningkatkan tata kelola pemerintahan pekon dan penunjang tugas lainnya, terlebih di tengah pandemi Corona Virus Disease 19 ( Covid-19 ) dapat membantu siswa untuk mengakses pembelajaran dalam jaringan (Daring) yang mengharuskan masing-masing siswa untuk mempunyai koneksi Internet,” katanya.

“Yang jelas program ini diharapkan mampu menciptakan manfaat dan hal positif untuk masyarakat di desa,” ucap Iskandar.

Diketahui, tahun 2019 lalu desa penerima program internet pedesaan yakni, Pekon Kubuperahu, Padangcahya Kecamatan Balikbukit, Tapaksiring, Jagaraga, Tanjungraya Kecamatan Sukau, Sukabanjar, Heninarong Kecamatan Lumbokseminung, Negeriratu, Sukabumi Kecamatan Batubrak, Sukarame Kecamatan Belalau, Atar kuwau Kecamatan Batuketulis, Waspada Kecamatan Sekincau, Sukajaya Kecamatan Pagardewa dan lainnya.

BACA JUGA:  Launching KTN di Margo Makmur, Pasang Portal Desa, Zero Kasus Covid-19

Laporan : Erwan Nur / WII

Facebook Comments