Empat Perwakilan Organisasi Wartawan Di Mesuji Lampung Mengutuk Keras Dugaan Pembunuhan Seorang Jurnalis Di Sulbar

185

MESUJI, WII – Empat lembaga organisasi wartawan di Kabupaten Mesuji, Lampung mengutuk keras dugaan pembunuhan terhadap seorang jurnalis yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kecaman itu diseruan perwakilan organisasi yang ada di Mesuji antaranya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Online (AJO), Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) dan Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI).

Pasalnya, belum lama ini kabar duka merundung insan pers Indonesia. Dimana, telah diterjadi dugaan pembunuhan terhadap Dimas seorang jurnalis media online kabardaerah.com.

Demas ditemukan tidak bernyawa di pinggir jalan di Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, Sulbar, pada Rabu (19/08/2020) malam.

“Kami mengecam keras atas tindakan dugaan pembunuhan terhadap wartawan itu,” kata Herman Baginda selaku Ketua DPC AJO Kabupaten Mesuji kepada waktuindonesia.id, Sabtu (22/08/2020).

Pihaknya, meminta pengak hukum untuk bergerak cepat mengungkap kasus dugaan pembunuhan wartawan di Mamuju Tengah itu.

“Usut sampai tuntas, pelaku harus diadili, begitu juga dengan otak di baliknya,” tegas Herman Baginda.

Kedepan, Herman berharap hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi. Apa lagi jurnalis atau wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi Undang – Undang Pers nomor 40 tahun 1999.

“Saya meminta Polri, dalam hal ini Polres Mateng, (Sulbar) untuk serius menangani kasus tersebut,” paparnya.

Demas, wartawan kabardaerah.com ditemukan tewas di pinggir jalan Dusun Salu Bijau, Mateng dengan beberapa luka tusuk dibadannya, juga ditemukan sepeda motor korban.

Hingga kini, polisi masih melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku pembunuhan wartawan tersebut. Polisi juga masih mendalami apakah pembunuhan ada kaitannya dengan profesi yang dijalani. Yakni, terkait dengan pemberitaan atau tidak.

“Tindakan ini telah mencederai kemerdekaan pers dan mengkhianati kehidupan demokrasi di tanah air. Untuk itu, saya meminta motif pembunuhan ini harus segera dibongkar,” imbuhnya.

BACA JUGA:  BNNK Way Kanan Gelar Workshop Anti Narkoba

Senada dikatakan ketua AWPI cabang Kabupaten Mesuji, Lukaman Zeni yang meminta pihak kepolisian harus mengusut tuntas serta mengakap pelaku dibalik otak pembunuhan yang menimpa Demas wartawan media online kabardaerah.com. Selain itu, dirinya juga meminta kepada pihak kepolisian untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan terhadap insan pers dalam menjalankan tugasnya.

“Kami segenap jajaran AWPI Cabang Kabupaten Mesuji turut bela sungkawa atas kejadian yang menimpa Demas dan untuk keluarga korban semoga diberikan ketabahan,” tutupnya. (fan)

Facebook Comments