DLH Pesawaran Segera Tindaklanjuti Penemuan Sampah Medis di Dinas Kesehatan

138

GEDONGTATAAN, WII – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesawaran mengaku akan segera melakukan koordinasi bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran, perihal temuan tumpukan sampah medis yang berada di tempat pembuangan sampah Dinkes tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala DLH Kabupaten Pesawaran Sofyan Agani, ketika ditemui di ruangannya, Rabu (26/8).

“Ya yang pasti kami akan segera tindaklanjuti dan koordinasikan dengan Dinkes,” ujar dia.

Ia juga menerangkan, terkait pengelolaan limbah medis, pihaknya tidak mempunyai kewenangan secara langsung, hanya saja DHL dalam hal ini berperan dalam pengawasan dan juga kontrol dalam pengelolaan limbah yang tergolong dalam B3 (Bahan berbahaya dan beracun) tersebut.

“Secara langsung mungkin pengelolaannya sedikit berbeda dengan limbah rumah tangga, sudah ada tim khusus diluar DLH yang menangani limbah B3. Memang di DLH ada yang membidangi hal itu, tapi tugasnya cuma mengawasi dan mengontrol saja,” terang dia.

Namun sayangnya, Sofyan enggan berkomentar lebih jauh terkait pengawasan dan juga temuan limbah medis tersebut.

“Yang pasti saya no comment lah, kita masih satu tubuh, gak mungkin kalau istilahnya kita mau tampar diri kita sendiri,” tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, tumpukan sampah medis dengan jenis sampah farmasi (Obat-obatan) ditemukan berserakan di tempat pembuangan sampah Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran. Tumpukan obat tersebut terdiri dari obat-obatan yang telah kadaluwarsa. (De/Ng/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Dari Rektor USU, Komisi A DPRD Karo Serahkan Bantuan 300 Alat Rapid Test untuk Pemkab