Buka Bimtek LPPD, Pjs Bupati Chrisna: Gambaran Kemampuan Pemerintah

127

KRUI, WAKTUINDONESIA – Pjs Bupati Pesisir Barat (Pesibar), A Chrisna Putra membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2020, di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (5/10).

Chrisna menjelaskan bahwa LPPD merupakan laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang disampaikan oleh kepala daerah kepada pemerintah pusat. “Harapannya penyusunan LPPD dapat memberikan gambaran yang utuh terkait kemampuan pemerintah daerah dalam melaksanakan desentralisasi dan tugas pembantuan di daerah, sekaligus sebagai bahan dasar untuk membuat langkah kebijakan lebih lanjut oleh pemerintah khususnya Pemkab Pesibar,” harap Chrisna.

Diterangkannya, penyusunan LPPD merupakan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Maka dari itu penyusunan LPPD dipandang penting dalam upaya mengukur kemampuan daerah melaksanakan kewajibannya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi acuan untuk menyusun kebijakan dimasa mendatang.

“Penyusunan LPPD merupakan kegiatan strategis yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Maka dari itu kepada seluruh organisasi perangkat daerah yang menangani urusan wajib maupun urusan pilihan untuk menyampaikan capaian kinerjanya selama periode satu tahun kepada Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) dalam bentuk data beserta bukti pendukung yang di tanda tangani oleh kepala OPD,” tukasnya.

Bimtek tersebut diikuti oleh peserta dari masing-masing Organisasi Perangkat Darah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar.

(ers/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Limbah Medis di Tempat Sampah, Tegas! Komisi IV DPRD Pesawaran Panggil Dinkes