Bupati Agus Optimis Perkembangan UMKM Punya Potensi Meningkatkan Taraf Hidup

63

KRUI, WAKTUINDONESIA-Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, membuka acara Webinar Pelatihan Virtual Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Mandiri, di GSG Selalaw, Selasa (5/1).

Bupati Agus mengatakan perkembangan UMKM memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Penyelenggaraan webinar pelatihan virtual kewirausahaan UMKM Mandiri yang dilaksanakan secara video conference dengan tema

“Strategi UMKM bertahan dimasa pandemi Covid-19” yang dianggap cukup penting dan perlu dilakukan.

“Ditengah-tengah upaya kita meningkatkan ekonomi kerakyatan dan pariwisata di Pesibar, sentra-sentra usaha sebagai basis ekonomi kerakyatan, perlu terus menerus dikembangkan,” jelasnya.

Menurut Bupati, semangat berkarya dan berkreasi perlu difasilitasi, diberikan kemudahan dengan memberikan kesempatan meningkatkan kemampuan para pelaku usaha, dengan webinar pelatihan virtual kewirausahaan UMKM Mandiri tersebut akan semakin dikenal yang tidak hanya didalam negeri, tetapi juga di luar negeri oleh masyarakat internasional.

“Karena para pelaku UMKM bukan hanya sebuah karya tetapi lebih dari itu. UMKM merupakan suatu usaha yang dapat kita kembangkan menjadi suatu pertunjukan usaha yang menarik bagi para pembeli,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kemajuan dalam meningkatkan ragam dan kualitas produk usaha tidak terlepas dari peran Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Indag) berkerjsama dengan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret).

“Untuk itu saya sangat mendukung diadakannya webinar pelatihan virtual kewirausahaan UMKM Mandiri yang saat ini sedang dilangsungkan,” kata Agus.

“Tentu saja upaya kita tidak berhenti dengan pelatihan ini saja, tetapi kita lanjutkan dengan upaya-upaya lain yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan jajaran pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan potensi UMKM,” imbuhnya.

Masih kata Agus, menjadi seorang pelaku UMKM merupakan usaha yang harus dijaga dengan penuh kesungguhan, sebagai pedagang kreatif tentu pekerjaan yang dilaksanakan tidak akan menjadi beban bagi para pelaku usaha, bahkan keberadaannya akan memberi pengaruh kepada UMKM lainnya.

BACA JUGA:  5.033 UMKM di Lambar Diajukan Terima Rp2,4 Juta

“Dengan kesungguhan dan keterampilan yang masyarakat miliki melalui UMKM ini, akan memberikan kontribusi yang besar bagi Pesibar,” tegasnya.

“Pemkab Pesibar akan terus berupaya menjadikan Pesibar sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan, salah satunya dengan mengembangkan UMKM di Pesibar,” pungkasnya.

(ers/WII)

Facebook Comments