Bupati Parosil: Sekolah Kopi Lambar Lahirkan Pembudidaya Berkemajuan

247

LIWA, WAKTUINDONESIA – Komoditas kopi Lampung Barat (Lambar) menjadi ciri khas tersendiri dari kabupaten yang lain.

Pasalnya negeri berselimut kabut tersebut dikenal sebagai penghasil kopi jenis robusta terbesar se-Provinsi Lampung.

BACA JUGA: Kadisbunnak Agustanto Paparkan Keunggulan Sekolah Kopi di Lambar

Hal tersebut disampaikan Bupati Lambar Parosil Mabsus di sela pelantikan pengurus HIPMI Lambar periode 2021-2024, di Sekolah Kopi, Pekon Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya. Rabu (13/1/2021).

“Bila berbicara kopi, Lambar ini surganya kopi, kopi kita ini merupakan salah satu Iconnya Provinsi Lampung,” ungkap bupati yang karib juga disapa PM ini.

Selain mayoritas masyarakat membudidayakan tanaman berkafein, Lambar ia sebut, juga memiliki sarana prasana pengembangan SDM bidang kopi yang juga berfungsi sebagai edukasi wisata (Eduwisata).

“Selain kuantitas dan kualitas kopi yang diakui, kita juga mempunyai sekolah kopi yang hanya satu-satunya di Indonesia, harapan kita semoga dengan adanya sekolah kopi turut berkontribusi menghasilkan embrio pengusaha muda millenial Era Industri 4.0 serta pembudidaya kopi berkemajuan,” paparnya.

Lanjut Parosil, hadirnya sekolah kopi akan menjadi akomodasi bagi masyarakat dalam membudayakan kopi dari sisi intelektualitas.

“Adanya sarana pendukung berupa sekolah kopi, kelak para akademisi dibidang kopi akan kita lahirkan dari bumi sekala bekhak ini, Insyallah,” pungkasnya.

(erw/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Terbentuk! Perkumpulan Pedagang Sayur Keliling Waykanan