Dijadwal Pertama di Karo, Bupati Terkelin Tes Kesehatan jelang Suntik Vaksin Covid-19

  • Bagikan

KARO, WAKTUINDONESIA – di Kabupaten Karo, Sumut, bakal menggelar kick of vaksinasi Covid-19, Sinovac, Kamis (4/2/21) pagi.

Diketahui, Bupati Karo Terkelin Brahmana, dijadwal bakal menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac di kabupaten itu.

Baru kemudian menyusul sejumlah pejabat lainnya, seperti Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Kajari Karo Denny Ahmad, Wakil Ketua DRPD Karo, Wakil Ketua DPRD Karo Davit Kristian Sitepu, Dansubdenpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono, Kadis Kesehatan Irna Safrina Meliala.

Mereka pun usai menjalani cek kesehatan, yang disebut sebagai lagkah awal vaksinasi, Rabu (3/2/21).

Terkelin Brahmana menilai langkah tersebut cukup tepat,l.

Serangkaian test kesehatan bagi peserta pertama yang akan di suntikkan vaksinasi sinovac akan terlihat memenuhi syarat atau tidak, tuturnya.

Hal ini dilakukan untuk meyakinkan pada masyarakat, bahwa vaksin COVID-19 Sinovac aman.

“Vaksinasi ini menjadi kunci untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat terhadap COVID-19 sekaligus menjadi momentum untuk menyelaraskan tujuan kesehatan dan ekonomi, namun perlu dipertegas lagi, tetap kedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dan bupati bersedia besok orang yang pertama kali di suntik vaksinasi untuk meyakinkan masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Irna Safrina Meliala di dampingi Dirut RSUD Kabanjahe menyampaikan, pemeriksaan kesehatan awal bagi peserta yang akan di suntik vaksinasi sinovac unris, Forkopimda plus tenaga medis, sangat dibutuhkan dan diperlukan.

“Hal ini, memastikan para peserta yang akan di vaksinasi sinovac, besok tidak memiliki riwayat penyakit yang terdapat dalam pemeriksaan tahap demi tahap yang selanjutnya akan dianalisa. Seperti pernah menderita Covid-19, mengalami gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti batuk, pilek, atau sesak napas dalam tujuh hari terakhir, penyakit kelainan darah, Jantung (gagal jantung atau penyakit jantung koroner), berikutnya, autoimun sistemik (SLE atau Lupus, Sjogren, Vaskulitis, dan Autoimun lainnya), dan penyakit ginjal kronis atau sedang menjalani hemodialysis atau dialysis,” pungkas Irna.

BACA JUGA:  Besok, Koferkab PWI Lambar: Siapa Kandidat Pengganti Vicky?

Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto di sela pemeriksaan kesehatan menyatakan siap menerima suntikan vaksin Sinovac.

(rek/wii)

  • Bagikan