Kadiskes Lambar Dilantik, Parosil: Bangun RS Kelas D, Begini Alasannya

  • Bagikan

LIWA, WAKTUINDONESIA — Bupati Lampung Barat (Lambar) Provinsi Lampung, Parosil, memberi pekerjaan khusus kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb untuk membangun rumah sakit (RS) kelas D sebagai penunjang pelayanan kesehatan di wiliayah setempat.

Harapan tersebut disampaikan Parosil pengambilan sumpah jabatan pejabat eselon pimpinan tinggi pratama dan administrator di lapangan pemkab setempat Kamis (10/3/21) itu, bukan tanpa alasan.

Pasalnya, satu dari empat pejabat yang dilantik yakni Widyatmoko Kurniawan–Wawan–diamanahkan sebagai kadis kesehatan setelah sebelumnya mengikuti seleksi terbuka JPTP.

BACA JUGA:
Pemenang Seleksi Kadiskes Lambar Dilantik Bersama 4 Lainnya, Ini Ulasannya

Gerbong Rolling di Lambar Angkut 4 Pejabat Eselon II-III, 2 Mutasi Lagi, Kenapa?

Diketahui RS kelas D ialah rumah sakit umum yang hanya menyediakan pelayanan perawatan kelas III untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, serta pelayanan penunjang lainnya.

“Karena dari dulu banyak warga Lambar yang berobat ke Lampung Utara (Lampura) dan Way Kanan, ini ada apa? Pemerintah harus punya jawaban dan solusi terkait ini, supaya masyarakat nyaman terlindungi dan merasa terobati ketika menginginkan kesembuhan,” tegasnya.

Alasan lain yang dikemukakan Parosil terkait keinginannya membangun rumah sakit itu, dirinya prihatin terhadap masyarakat Lambar di kecamatan lain yang sulit menjangkau RSD Alimuddin Umar di Liwa.

“Jujur kita prihatin masyarakat di daerah Pagardewa, Kebun Tebu, Air Hitam, dan daerah lain yang mengeluhkan jaraknya yang cukup memakan waktu itu.

“Misalnya ada masyarakat yang hendak melahirkan, kalau ke Liwa terlalu jauh, bisa saja lahir di perjalanan. Kalaupun membutuhkan pertolongan darurat, bisa-bisa mati di tengah jalan.”

BACA JUGA:  Rolling, Ini Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Mesuji Saply

Parosil mengisyaratkan lokasi yang relatif mudah dijangkau yg yakni di seputaran Sumber Jaya, Way Tenong, atau Sekincau.

Tampak hadir pada seremoni pelantikan tersebut, Wabup Mad Hasnurin, Sekkab Akmal Abdul Nasir, para staf ahli, asisten, dan segenap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

(erw/aga/WII)

  • Bagikan