Warbiasa! Desa Mulya Agung Sulap Rawa Jadi Destinasi Wisata

  • Bagikan

MESUJI, WAKTUINDONESIA — Pemerintah Desa Mulya Agung Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung, di bawah besutan Kades Soni Imawan, mengembangkan industri pariwisata berbasis desa dari rawa menjadi desa wisata unggulan tahun 2021 ini.

Pengembangan kawasan wisata itu akan menggunakan dana desa serta swadaya masyarakat dan mempekerjakan masyarakat setempat untuk mengurangi pengangguran.

Ini juga, tandas Soni, sebagai perwujudan Kampung Tangguh Nusantara, dimana bangunan dan pengelolaan wisata serta ketahanan pangan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Saat masyarakat setempat tengah membangun infrastruktur berupa pembuatan embung dan kolam renang anak-anak.

“Rencanya akan ditambah wahana permainan, seperti kereta gantung dan johging track,” tegas Soni, Kamis (11/3/21).

Tidak hanya itu pemanfaatan ketahanan pangan, seperti perkebunan kelapa sawit, pohon pisang, dan peternakan Kambing, yang nantinya bisa di dimanfaatkan hasilnya untuk menambah pemasukan kas desa.

Untuk keseluruhan pembangunan wisata dan ketahanan pangan, akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dapat menjadi motor penggerak dalam mengelola desa wisata.

Sehingga pemerintah desa dapat membantu dalam permodalan awal selain juga bisa bekerjasama dengan pihak bank atau swasta lainnya dalam mengembangkan desa wisata.

BUMDesa dan pelaku jasa pariwisata harus melakukan kerjasama yang baik dalam mempromosikan dan pelayanan kepada para wisatawan.

Desa wisata yang sukses tidak hanya memilki objek wisata yang indah tetapi juga harus bisa membuat kegiatan-kegiatan dan atraksi yang menarik agar setiap wisatawan memiliki kesan dan pengalaman selama liburan.

“Salah satu sektor potensial yang dapat dikembangkan adalah pariwisata, karena hampir setiap desa di Mesuji memilki potensi pariwisata yang bisa dikelola baik dari kebudayaan hingga wisata alam yang bisa dijadikan sebuah konsep bisnis yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa,” pungkasnya.

BACA JUGA:  130 Lansia di Trisno Maju Disuntik Vaksin Covid

(fan/aga/WII)

  • Bagikan