Rakor Pengawasan Intern Keuangan, Ini Harapan Wagub

  • Bagikan

MEDAN, WAKTUINDONESIA – Walikota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Muhammad Bobby Afif Nasution, SE, MM diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Renward Parapat, ATD.MT, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Intern Keuangan Pembangunan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur, Jumat (26/3/21).

Rakor dengan tema, “Peningkatan Peran Pengawasan Intern dalam Mengawal Pencapaian Tujuan Pembangunan Strategis Pariwisata Provinsi Sumut,” ini dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah, Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ernadhi Sudarmanto, sejumlah kepala daerah, serta inspektur dari kabupaten/kota se-Sumut.

Wagub Musa dalam sambutannya mengatakan pemerintah memiliki tujuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, meskipun begitu dalam menjalankan roda pembangunan tetap harus ada pengawasan.

“Karena itulah diharapkan BPKP dapat melakukan pengawasan dan memberikan masukan serta solusi terkait dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah,” ujarnya

BPKB, tandas Musa, harus turun ke pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan dan memberikan masukan sehingga pembangunan yang dilakukan berjalan dengan baik.

Di samping itu, Musa juga menyadari bahwa pembangunan tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila tidak didukung keuangan yang kuat. Oleh sebab itu dia berpesan kepada para kepala daerah terus melakukan mengawasan dan efisiensi terhadap keuangan yang ada sehingga penggunaannya menjadi tepat sasaran.

“Kalau tidak kita perhatikan ini, berapapun keuangan kita pasti tidak akan cukup apabila selalu terjadi pemborosan,” tegas Wagub Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto, menjelaskan tujuan rakor ialah untuk berkontribusi dalam mengawal program pembangunan di wilayah Provinsi Sumut.

“Kami ingin memastikan pembangunan terwujud dengan nyata,” ujarnya.

Rakor tersebut juga diisi diskusi panel dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama antara BPKP Provinsi Sumut-Inspektorat Provinsi Sumut,serta kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA:  Aleg Nopiyadi Jenguk 2 Warga Waymengaku yang Terbaring Sakit

Usai mengikuti rakor, Plt. Inspektur Kota Medan Renward Parapat, mengatakan akan menyampaikan hasil rapat tersebut ke jajaran. Dimana Inspektorat ikut serta melakukan pengawasan terhadap pembangunan yang dilakukan.

“Ke depan tata kelola pemerintahan dan keuangan harus lebih baik, dan kami selaku APIP berkewajiban melakukan pengawasan,” pungkas Renward. (rek/wii)

  • Bagikan