11 Desa di Karo Bakal Gelar Pilkades, 114 BPD: Ini Syaratnya

1587

KARO, WAKTUINDONESIA – 11  desa di Kabupaten Karo Sumatera Utara (Sumut) bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun ini, 2021.

11 desa itu, yakni:

1.Desa Lingga,
2.Batu Karang,
4.Jeraya,
5.Daulu.
6.Lau Lingga,
7.Kuta Tonggal,
8.Perbaji,
9.Munte.
10.Suka rame.
11. Rimo Bunga

Sebelum hajat yang sejatinya digelar tiap enam tahun itu berlangsung, dihadului dengan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Demikian Ditandaskan Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakar  Desa (PMD) Elfrida Astuti Purba kepada Waktuindonesia.id, Senin (10/5/21).

Berbeda dengan Pilkades yang hanya dihelat di 11 desa, pemilihan BPD di 114 desa yang tersebar di 17 kecamatan di Karo.

Pengisian Anggota BPD itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.

Pengisian anggota BPD itu harus selesai tahun 2021, mulai dari pengisian hingga penetapan.

Syarat dan ketentuan pengisian anggota BPD diantaranya yakni, berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), berdomisisi di desa setempat, mengambil surat keterangan dari BNN atau bersih narkotika, melampurkqn SKCK dari kepolisian dan Surat kesehatan, usia minimal 20 tahun atau sudah pernah kawin, akte kelahiran dan foto kopi kartu keluarga.

Ditambahkan Kabid Elfrida, bagi istri ataupun suami kepala desa dan perangkat desa dan anggota LKD tidak bisa mencalonkan diri dalam pengisian anggota BPD tersebut.

“Untuk pengisian anggota BPD kali ini akan dilakukan keterwakilan perempuan dan wilayah atau dusun. Keterwakilan perempuan hanya dipilih oleh kaum perempuan saja yang ada di desa tersebut,” ujarnya.

(rek/wii)

Facebook Comments
BACA JUGA:  DD 2021 belum Cair, Dinas PMP: Anggaran 2020 tak boleh Direalisasikan 2021