Air Tanggul Karang Tengah Meluap Rumah di Bandarnegeri Suoh Kebanjiran

  • Bagikan

BANDARNEGERI SUOH, WAKTUINDONESIA – Curah hujan tinggi yang mengguyur sejak sore, Rabu (19/5/2021), mengakibatkan sejumlah rumah di Pekon Tembelang, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terendam banjir.

Menurut Aparatur Pekon Tembelang, Deni Saputra, akibat hujan yang mengguyur sejak pukul 14.00 WIB hingga 17.00 itu membuat tanggul Karang Tengah, pekon (desa) setempat tidak cukup menampung debit air sehingga meluap dan membanjiri pemukiman warga, Rabu (19/5/21)

“Lebih kurang pukul 17.00 WIB itu air mulai masuk dan merendam rumah warga, bersyukur tidak ada kerugian material yang berarti dan korban jiwa,” jelasnya.

Lanjutnya, diperkirakan musibah banjir yang merendam lima rumah warga tersebut terhitung sejak pukul 17.00.

Lanjutnya, air sungai yang membanjiri lima rumah warga tersebut tidak berlangsung lama, sehingga pada pukul 20.30 air sudah mulai surut dan warga kembali membersihkan rumah masing-masing dari lumpur dan kotoran yang terbawa luapan air sungai.

“Saat banjir terjadi, volume air lebih kurang setinggi 10 Centimeter (Cm) dari permukaan. Alhamdulillah kini air telah surut,” jelasnya.

Deni pun mengungkapkan, tahun 2018 silam kejadian serupa terjadi, sehingga di tahun 2019 Pemkab setempat melakukan antisipasi dengan menormalisasi aliran sungai Karang Tengah agar kejadian serupa tidak kembali terulang, “Pada tahun 2018 banjir semacam ini juga pernah terjadi,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Anggota DPRD Lampung Barat, Sugeng Hari Kinaryo Adi, mengungkapkan, banjir di Dusun karang tengah, Pekon Tembelang terjadi untuk kedua kalinya setelah terjadi tiga tahun silam, dan meminta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar segera meninjau dan melakukan tindakan.

“Agar kiranya pihak terkait turun mengkroscek ke lokasi mengantisipasi terjadinya banjir susulan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Prajurit Brigif 4 Mar/BS Wakafkan Tanah Untuk Masjid Dan Yayasan Yatim Piatu

(erw/WII)

  • Bagikan