130 Lansia di Trisno Maju Disuntik Vaksin Covid

  • Bagikan

NEGERIKATON, WAKTUINDONESIA – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Lampung, melalui pemerintah desa melakukan vaksinasi terhadap lanjut usia (lansia) yang ada di setiap desa di Bumi Andan Jejama, Selasa (22/6/21).

Sebanyak 130 lansia menerima suntikan vaksin dosis pertama yang dilaksanakan di kantor Desa Trisno Maju Kecamatan Negerikaton.

Kepala Desa Trisnomaju Sariman mengatakan pelaksanaan vaksinasi terebut dilakukan karena lansia merupakan kelompok yang rentan terpapar penyakit termasuk penularan Covid 19.

“Saat ini yang kita utamakan adalah para lansia setelah itu baru masyarakat umum yang masih masuk kedalam usia produktif,” ujarnya.

“Untuk hari ini petugas dari Puskesmas Roworejo telah menyuntikkan vaksin jenis sinovac dosis pertama kepada 130 lansia, sebelumnya sudah ada 50 sampai 70 orang yang divaksin, jadi sekitar 200 lansia sudah divaksinasi,” tambahnya.

Ia mengatakan, terdapat 400 lansia yang ada di Desa Trisnomaju dan Ia berharap seluruhnya bisa melaksanakan vaksinasi.

“Di sini ada 400 lansia tapi yang mau divaksin baru setengahnya, sisanya masih belum karena mereka masih takut,” katanya.

“Ya nanti sisanya menyusul sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” tambahnya.

Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan para RT setempat untuk mengajak para lansia untuk divaksinasi.

“Ya saya sudah berkoordinasi dengan para RT agar bisa membujuk warga khususnya para lansia agar mau divaksin karena kan vaksianasi ini penting,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pesawaran Yusak yang turut hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut mengatakan, vaksinasi dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah desa pada program pemerintah pusat.

“Ini sebagai bentuk dukungan kita terhadap program pemerintah, vaksinasi ini kan dilaksanakan secara bergilir nah saat ini giliran para lansia yang divaksin karena mereka ini termasuk yang rentan terpapar penyakit,” katanya.

BACA JUGA:  89 Pekon di Lampung Barat Ajukan Pencairan ADD Tahap III

Ia berharap seluruh masyarakat khususnya warga Desa Trisnomaju mau melaksnakanan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

“Saya berharap seluruh masyarak mau divaksin, ayo sama-sama kita mengajak orang terdekat untuk melaksanakan vaksin demi kebaikan kita bersama,” pungkasnya.

(apr/WII)

  • Bagikan